Pentingnya Profesi Accounting Paham Data Analytics, Auto Gaji Sultan!

Pentingnya Profesi Accounting Paham Data Analytics, Auto Gaji Sultan!

Profesi professional accounting, masih tetap menjadi profesi favorit banyak anak muda. Gimana, apakah kamu salah satunya civitas INSTIKI? Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, seorang accounting tidak hanya dituntut untuk bisa membuat laporan keuangan perusahaan saja, kamu juga dituntut untuk memahami data analytics lho, civitas INSTIKI!

Menurut survei Profesional Akuntansi tahun 2020 oleh vendor perangkat lunak Sage, 44% Firma Akuntansi menggunakan teknologi Advanced dan Predictive Analytics yang memanfaatkan big data untuk membantu financial plan dalam 12 bulan ke depan. Memanfaatkan big data tentunya harus punya skill dalam data analytics yang mumpuni.

Tahu nggak sih, civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali! Penting untuk memahami empat jenis utama dari data analytics, yaitu sebagai berikut:

Descriptive Analytics atau “Apa yang terjadi?”

Descriptive Analytics paling sering digunakan dan mencakup kategorisasi dan klasifikasi informasi. Accounting melaporkan aliran uang melalui organisasi mereka: pendapatan dan pengeluaran, penghitungan persediaan, pajak penjualan yang dikumpulkan. Pelaporan yang akurat adalah ciri khas praktik akuntansi yang solid. Mengumpulkan dan memverifikasi data dalam jumlah besar penting untuk pelaporan yang akurat.

Diagnostic Analytics atau “Mengapa itu terjadi?”

Diagnostik Analytics digunakan untuk memantau perubahan data. Seorang accounting akan secara teratur menganalisis varians dan menghitung kinerja historis. Karena preseden historis seringkali merupakan indikator kinerja masa depan yang sangat baik, perhitungan ini sangat penting untuk membangun prakiraan yang masuk akal.

Predictive Analytics atau “Apa yang akan terjadi?”

Tipe data analitik yang ketiga adalah analisis deskriptif. Analisis ini menggunakan data historis untuk mengidentifikasi tren dan menentukan apakah tren tersebut cenderung berulang atau tidak. Analisis ini menggunakan teknik statistik dan machine learning untuk analisis lanjutan, seperti regresi, neural networks, dan decision trees.

Prescriptive Analytics atau “Apa yang seharusnya terjadi?”

Accounting menggunakan perkiraan yang mereka buat untuk membuat rekomendasi untuk peluang pertumbuhan di masa depan atau, dalam beberapa kasus, meningkatkan peringatan tentang pilihan yang buruk. Wawasan ini adalah contoh dampak signifikan yang dibuat accounting dalam dunia bisnis.

Data analytics menjadi skill yang sangat penting bagi seorang accounting di suatu perusahaan. Salah satu langkah awal untuk menguasai skill yang satu ini adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) program studi Teknik Informatika – Komputer Akuntansi dan Bisnis. Tak hanya mempelajari konsep dan teori saja, dalam program studi ini kamu akan diajak praktik secara langsung berbagai keilmuan dalam bidang komputer, akuntansi, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya, sampai data analytics yang baru saja kita bahas.

PENGUMUMAN LAINNYA