Cyber Security & Profesi Accounting, Apa Kaitannya? Simak Penjelasannya

Cyber Security & Profesi Accounting, Apa Kaitannya? Simak Penjelasannya oleh Kampus Teknologi Terbaik di Bali (Sumber: iStock/gorodenkoff)

Sering mendengar kejahatan siber? Atau mungkin kamu pernah mengalami kejahatan siber? Semakin canggihnya teknologi, ternyata mempengaruhi tingkat kejahatan siber juga lho, civitas INSTIKI!

Kejahatan tidak hanya terjadi secara verbal maupun fisik, namun kejahatan juga bisa terjadi secara digital. Tak heran semakin canggihnya teknologi, maka bisa membuat sebuah ancaman bahaya yang tak bisa kita hindari.

Civitas INSTIKI! Yuk disimak mengenai kaitan cyber security dengan profesi accounting!

Cyber security merupakan suatu aktivitas yang dilakukan seseorang maupun sistem untuk melindungi dan mencegah terjadinya serangan dalam sistem komputer. Biasanya serangan yang dilakukan bersifat ilegal.

Cyber security sangat berperan penting untuk profesi accounting karena semakin canggihnya teknologi, tidak bisa kita hindari akan adanya kejahatan siber. Di mana seorang accounting berperan dalam mencegah penipuan dan melindungi data internal pada suatu perusahaan dari kejahatan siber. Seorang accounting dapat membantu mengidentifikasi dan mengurangi risiko penipuan di lingkup internal, eksternal, pembuatan kebijakan, dan menjaga reputasi perusahaan.

Beberapa kasus yang sering di alami misalnya, pembobolan data, pencurian data, sampai penipuan finansial terhadap klien. Dalam hal ini cyber security sangat berperan dalam menjaga dan melindungi data accounting.

Di masa depan seorang accounting tidak lagi hanya dituntut bisa menghitung saja, namun harus dituntut dalam memahami teknologi agar bisa mencegah dan mendeteksi kejahatan siber.

Jadi, cyber security sangat berkaitan dengan profesi accounting di mana seorang accounting harus memahami mengenai cyber security agar nanti bisa meminimalisir terjadinya kejahatan siber yang terjadi dalam suatu perusahaan. Maka, seorang accounting harus bisa mengetahui kejahatan siber, sehingga dapat mencegah serangan siber ke dalam sistem internal perusahaan.

Semakin canggihnya teknologi bukan hanya dapat mempermudah pekerjaan manusia saja. Namun juga banyak sekali ancaman yang akan di dapat dari teknologi yang semakin berkembang.

Kuliah di INSTIKI, Pelajari Cyber Security!

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) membentuk lulusan yang handal di bidang syber security. Kamu tidak hanya handal dalam bidang akuntansi, tapi kamu akan juga handal dalam menjaga dan mendeteksi serangan hacker melalui belajar cyber security dalam program studi Teknik Informatika – Komputer Akuntansi dan Bisnis.

Cyber security menjadi salah satu mata kuliah penting yang diajarkan dalam program studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Tak hanya berfokus pada teori saja, kamu akan diajarkan praktik langsung penerapan cyber security yang sesungguhnya.

Penulis: Ni Wayan Putriani

Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA