21 Istilah Programming yang Perlu Kamu Tahu, Belajar Coding Bersama Kampus Teknologi Terbaik di Bali!

21 Istilah Programming yang Perlu Kamu Tahu, Belajar Coding Bersama Kampus Teknologi Terbaik di Bali!

Mengawali belajar jadi programmer handal, kamu wajib tahu istilah-istilah dalam dunia programming, civitas INSTIKI! Istilah-istilah ini akan sering muncul dalam kesehatianmu, maka dari itu kamu wajib memahaminya!

Bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yuk kita bahas 21 istilah dalam dunia coding!

Program

Program merujuk pada kumpulan instruksi yang terorganisasi yang kemudian dieksekusi untuk melakukan sebuah tugas atau fungsi tertentu. Contohnya seperti Microsoft Word yang sudah sering kamu pakai.

Agile

Agile adalah pendekatan software development yang mempercepat proses kerja. Dengan metode ini, kamu akan bekerja dalam porsi yang kecil-kecil tetapi mudah diselesaikan. Hasilnya, proyek yang dikerjakan bisa berkualitas tinggi dan biaya yang dikeluarkan pun minimal.

API

API atau Application Programming Interface adalah menyampaikan perintah dari pengguna pada sistem. Dengan perintah ini, program bisa mengetahui respons seperti apa yang harus diberikan.

AJAX

Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) AJAX yang mengacu pada sekumpulan teknis pengembangan web (web development) yang memungkinkan aplikasi web untuk bekerja secara asynchronous (tidak langsung) – memproses setiap request (permintaan) yang datang ke server di sisi background.

Algoritma

Algoritma pemrograman diartikan sebagai langkah-langkah atau instruksi untuk menyelesaikan suatu masalah pemrograman komputer.

Bug

Secara harfiah, bug diartikan sebagai serangga. Sementara, bug dalam pemrograman dan serangga sama-sama bersifat mengganggu. Jadi dapat diartikan sebagai masalah yang terjadi dalam kode pemrograman.

CSS

CSS atau cascading style sheets adalah bahasa yang digunakan untuk menentukan tampilan dan format halaman website. Dengan CSS, kamu bisa mengatur jenis font, warna tulisan, dan latar belakang halaman.

Wireframe

Wireframe adalah istilah dalam programming yang juga dikenal dengan mockup. Sebelum rancangan final suatu produk disetujui dan diproduksi, kamu perlu membuat wireframe atau mockup-nya terlebih dahulu.

UX

UX atau User Experience merupakan rancangan interaksi manusia dengan sebuah produk digital. Semakin baik UX produkmu, semakin nyaman juga orang-orang menggunakannya.

Kode

Kode atau kode program adalah istilah dalam programming yang digunakan untuk mendeskripsikan instruksi tertulis. Kode-kode ini ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu, seperti Java, C, ataupun Python.

HTML

HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. Bagi yang berkecimpung di dunia perangkat gadget dan ilmu komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kode di dalamnya. HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language.

JavaScript

Bahasa pemrograman JavaScript bersifat text-based dan digunakan untuk membuat halaman web menjadi interaktif. Jika hanya menggunakan HTML dan CSS, halaman web-mu akan kurang menarik. Akan tetapi dengan JavaScript, proyekmu bisa jadi lebih engaging bagi para penggunanya.

Database

Database adalah kumpulan dari structured information atau data. Kumpulan data ini disimpan secara elektronik dalam sebuah sistem komputer.

Framework

Framework dalam programming diartikan sebagai kerangka program. Kerangka program ini digunakan oleh developer untuk mengembangkan kode yang digunakan untuk membuat aplikasi.

UI

UI (User Interface) adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk.

User flow

Seperti namanya, user flow adalah istilah dalam programming yang berupa alur.

Web server

Web server merupakan komputer yang menyimpan file komponen sebuah situs, termasuk dokumen HTML, gambar, kode-kode CSS, dan JavaScript. Selain itu, web server juga berfungsi untuk memastikan bahwa pengguna dapat mengakses sebuah web.

ASCII

ASCII atau American Standard Code for Information Interexchange, yaitu sebuah standar internasional yang berupa kode huruf dan simbol. Kode huruf dan simbol yang digunakan pada ASCII sifatnya universal dan digunakan oleh komputer untuk menunjukkan teks.

SQL

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa query yang dirancang untuk pengambilan informasi tertentu dari database.

Xcode

Satu-satunya IDE resmi buatan Apple Inc untuk menuliskan baris kode dalam membuat aplikasi iOS.

Swift

Bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi iOS.

Belajar Jadi Programmer Dimulai dari INSTIKI

Kamu pengen jago coding? Jadi programmer handal? Salah satu cara terbaik untuk menguasai bahasa pemrograman sekaligus meraih katir impian di bidang IT adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali.

INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding. Program studi Teknik Informatika INSTIKI merupakan program studi yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Pada program studi Teknik Informatika nggak hanya mempelajari berupa konsep dan teori, namun penerapan praktik secara langsung. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA