Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Laporan Keuangan untuk Bisnismu!

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Laporan Keuangan untuk Bisnismu!

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan dari suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi. Keberadaan laporan keuangan dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan atau bisnis khususnya dalam bidang keuangan. Ketika memulai membangun sebuah bisnis, terkadang membuat laporan keuangan menjadi hal yang disepelekan. Dianggap tidak begitu penting, sampai terabaikan.

Sebenarnya, pentingkah laporan keuangan itu? Inilah beberapa alasan mengapa kamu harus membuat laporan keuangan untuk bisnismu. Yuk kita bahas bersama INSTKI, kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

Memantau Perkembangan Bisnismu

Dalam hal ini, kamu bisa memantau bisnismu melalui laporan keungan. Kamu bisa mengetahui apakah bisnismu mendapatkan keuntungan maupun kerugian dalam jangka waktu tertentu. Kamu juga bisa memantau berapa banyak modal yang sudah kamu tanam dan berapa banyak modal yang sudah dikeluarkan.

Laporan keuangan memiliki beberapa jenis dan memiliki fungsi masing-masing. Seperti laporan laba/rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas. Laporan ini tidak hanya bisa mencatat keuangan saja. Tapi juga bisa menentukan strategi bisnis ke depannya.

Mengontrol Biaya

Dalam sebuah bisnis, ada banyak sekali biaya yang mungkin saja dikeluarkan. Dengan melakukan pencatatan melalui laporan keuangan tentunya akan memudahkan dalam mengontrol biaya secara akurat sampai menghitung laba dan rugi bisnismu.

Alat untuk Mengambil Keputusan

Laporan keuangan dapat menjadi sebuah acuan untuk mengambil sebuah keputusan. Sehingga dapat memudahkan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis. Hasil laporan keuangan inilah yang bisa digunakan untuk menjadi alat pengambil keputusan.

Misalnya jika perusahaan untung, maka kamu akan membuat sebuah strategi apa yang bisa meningkatkan keuntungan maupun strategi apa yang bisa dilakukan untuk mempertahankan keuntungan. Apabila terjadinya kerugian, maka kamu akan bisa mengambil sebuah kebijakan yang baik untuk bisa membuat perusahaanmu untung dan bisa membuat hasil yang lebih baik untuk kedepannya. Inilah alasan mengapa setiap perusahaan atau bisnis harus memiliki laporan keuangan.

Menghitung Pajak

Dalam laporan ini kamu akan dimudahkan dalam menghitung pajak dari perusahaan. Kamu tidak usah takut lagi untuk membayar pajak karena sudah dicatat di laporan ini. Karena laporan ini sudah mencatat berapa total pajak yang kamu harus bayar. Sehingga kamu akan lebih mudah dalam membayarnya sesuai dengan jumlah yang diminta.

Nah, pembuatan laporan keuangan sangatlah begitu penting untuk bisnismu. Jika perusahaanmu mampu mengelola keuangan dengan baik berarti memiliki manajemen yang baik. Ingin mempelajari dan memahami laporan keuangan yang berpacu pada teknologi di era digital? Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT dan Bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki program studi unggulan S1 Teknik Informatika – Akuntansi dan Bisnis. Melalui program studi ini, akan membentukmu menjadi sarjana yang handal di bidang komputer dengan keahlian khusus di bidang akuntansi dan bisnis. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA