Tips Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan Bagi Pemula

Tips Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan Bagi Pemula

Akuntansi adalah sebuah rangkaian proses, mulai mencatat, mengklasifikasikan, mengolah, hingga menyajikan data atas transaksi-transaksi keuangan. Kegiatan ini untuk mempermudah pihak-pihak dalam memahami baik buruknya kondisi keuangan dalam suatu perusahaan. Tak hanya dalam perusahaan saja, dengan paham akuntansi kamu dapat menghitung sampai mengelola keuangan pribadimu dengan lebih baik lagi.

Walaupun belajar akuntansi merupakan hal yang penting, namun masih banyak yang merasa akuntansi itu rumit dan sulit untuk dipahami. Kamu masih merasa kalau belajar akuntansi itu sulit? Pusing mikirin angka-angka? Eittss, setelah kamu memahami tips belajar akuntansi ini, semua hal tersebut akan terbantahkan.

Melalui artikel ini, yuk disimak tips belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan bersama kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yaitu Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Pahami Konsep Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara harta, utang, dan modal yang dimiliki perusahaan. Di mana setiap terjadinya sebuah transaksi perlu dicatat dalam dua aspek kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva). Harta = Utang + Modal.

Yang pertama kamu harus memahami tentang konsep dasar akuntansi. Konsep inilah yang menjadi dasar penyusunan laporan keuangan dalam bentuk umum dan wajib untuk diterapkan pada suatu perusahaan atau bisnis.

Mengenal Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi merupakan tahapan-tahapan untuk membuat sebuah informasi akuntansi menjadi laporan keuangan yang benar dan sistematis. Dalam siklus akuntansi terdapat tiga tahapan siklus akuntansi diantaranya: pencatatan dan penggolongan, pembuatan ikhtisar laporan keuangan, dan pembuatan dan penyajian laporan keuangan. Siklus ini sangat membantu pemilik usaha dalam mengkaji kondisi keuangan perusahaan.

Memahami Akun dan Saldo Normal Pembukuan

Kamu harus memahami akun dan saldo normal pembukuan. Akun adalah instrumen penting dalam pembukuan yang mengakibatkan terjadinya perubahan aktiva, utang, modal, pendapatan, dan beban. Akun digolongkan berdasarkan transaksi-transaksi yang sejenis. Sedangkan saldo normal adalah saldo yang menempatkan sebuah akun berada di posisi debit atau kredit.

Agar kamu mudah memahami akun dan penempatan saldo normal kamu harus ingat mengenai HUMPB ya!

Harta = debet
Utang = kredit
Modal = kredit
Pendapatan = kredit
Beban = debet

Nah itu lah, tips belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan. Kamu tidak perlu lagi merasa sulit bahkan pusing untuk belajar akuntansi. Kamu ingin lebih mendalami belajar akuntansi? Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT dan Bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki program studi unggulan S1 Teknik Informatika – Komputer Akuntansi dan Bisnis. Melalui program studi ini, akan membentukmu menjadi sarjana yang handal di bidang komputer dengan keahlian khusus di bidang akuntansi dan bisnis.

PENGUMUMAN LAINNYA