Masih Pentingkah Buku di Jaman Sekarang?

Masih Pentingkah Buku di Jaman Sekarang?

Di jaman modern seperti sekarang ini, era digital, apapun dapat diakses dengan sangat mudah melalui internet. Bayangkan saja, dalam hitungan detik, kamu dapat mencari apapun yang kamu diinginkan. Tinggal search melalui Google, lalu akan muncul hasil pencarian yang sangat presisi sesuai keinginanmu.

Dengan kemudahan ini, muncul pertanyaan. Apakah buku masih diperlukan di jaman modern seperti sekarang ini? Masih pentingkah buku padahal sudah ada internet?

Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk kita bahas bersama kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yakni Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Riset dari Australian National University yang bersumber dari The Guardian, menunjukan bahwa ketika tumbuh di rumah yang penuh dengan buku memiliki efek besar pada tingkat literasi dan numerasi. Selain itu, membaca buku memiliki beragam manfaat, seperti dapat meningkatkan:

  • Crystallized Intelligence, yakni kecerdasan yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya.
  • Fluid Intelligence, kemampuan untuk problem solving dan daya paham ketika mempelajari hal baru.
  • Emotional Intelligence, yakni kemampuan untuk memahami perasaan sendiri dan orang lain.

Walaupun akses informasi sekarang sudah sangat mudah, tetapi kita tidak bisa menghindari informasi-informasi yang salah, hoaks, dan sebagainya yang bertebaran melalui internet. Sedangkan melalui buku, buku sudah melewati proses pengecekan fakta hingga verifikasi, sehingga buku memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan sangat valid dibanding internet.

Membaca buku itu memang sangat penting, namun sayangnya hanya terdapat 22.318.083 eksemplar buku di Indonesia, sedangkan Indonesia memiliki 270,27 Juta Jiwa. Rasio nasional buku terhadap penduduk Indonesia hanya 0.09% saja. Bahkan, untuk sebaran penerbit buku di Pulau Jawa sebesar 90% dan di luar Pulau Jawa cuma 10%. Ini membuktikan bahwa akses buku di Indonesia belum merata.

Untuk ini, mengatasi susahnya mengakses informasi yang valid sampai untuk meningkatkan minat baca civitas akademika, INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali memiliki perpustakaan lengkap yang berada di lantai IV kampus INSTIKI. Ratusan buku dengan berbagi judul dapat kamu baca dan pinjam secara langsung ataupun diakses secara online melalui aplikasinya (dapat di download di Play Store, klik di sini). Yuk, melek literasi bersama INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

PENGUMUMAN LAINNYA