4 Fitur Microsoft Excel yang Memudahkan dalam Membuat Laporan Keuangan

4 Fitur Microsoft Excel yang Memudahkan dalam Membuat Laporan Keuangan

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet. Untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan ataupun laporan yang lainnya, kamu dapat menggunakan Microsoft Excel. Yuk, pelajari fitur-fitur Microsoft Excel biar pekerjaanmu makin mudah dan efisien.

VLOOKUP

VLOOKUP (Sumber: website/support.microsoft.com)

VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai tertentu pada kolom dengan menggunakan kata kunci. Misalnya, untuk mencari harga komponen otomatif berdasarkan nomor komponen atau mencari nama karyawan berdasarkan ID karyawan di perusahaan kamu.

Dalam bentuknya sederhana, fungsi VLOOKUP mengatakan:

=VLOOKUP (apa yang ingin anda cari, di mana kamu ingin mencarinya, nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang akan dikembalikan, mengembalikan hasil yang mendekati atau persis – ditunjukkan sebagai 1/TRUE atau 0/FALSE).

Fungsi If

Fungsi If (Sumber: website/fungsi.co.id)

Rumus ini bisa menghasilkan nilai atau kondisi tertentu jika keadaan yang disyaratkan cocok sesuai kebutuhan pengguna. Fungsi if memungkinkan kamu membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Pernyataan fungsi if memiliki 2 hasil yaitu hasil pertama jika perbandingan benar dan hasil kedua jika perbandingan salah.

Conditional Formatting

Conditional Formatting (Sumber: website/adh-excel.com)

Conditional formatting merupakan fitur yang digunakan untuk memberikan format khusus pada sel-sel yang memenuhi aturan tertentu pada suatu range atau table pada Excel. Fitur ini bisa membantu kamu untuk mencari dan menganalisa data secara visual, mendeteksi untuk mencari letak kesalahan. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna lebih efektif untuk melakukan analisis data dalam jumlah besar.

Pivot Table

Pivot Table (Sumber: website/educba.com)

Fitur Excel untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan kamu melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil informasi secara cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Dengan privot table, kamu dapat membuat sebuah rangkuman, menganalisa, eksplorasi data, dan mempresentasikannya. Sehingga, kamu dengan mudah merangkum data yang besar dengan waktu yang singkat. Contohnya membuat neraca saldo.

Nah, itulah beberapa fitur Excel yang perlu kamu kuasai di dalam bidang akuntansi. Kamu ingin lebih dalam mempelajari ilmu komputerisasi akuntansi? Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT dan bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki program studi unggulan S1 Teknik Informatika – Komputer Akuntansi dan Bisnis. Pelajari seluk-beluk ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri, sekaligus penerapannya dalam konsentrasi Komputer Akuntansi dan Bisnis melalui program studi ini.

PENGUMUMAN LAINNYA