Bangun Networking dengan 5 Dasar Ini!

Bangun Networking dengan 5 Dasar Ini!

Networking menjadi poin penting dalam membangun karir di dunia kerja. Berkarir tidak hanya tentang kompetensi dan skill, tetapi juga melibatkan upaya membangun hubungan baik dengan orang lain.

Berdasar dari buku Career and Business Breakthrough oleh Tanadi Santoso, terdapat lima dasar untuk membangun networking yang mengambil peranan penting dan wajib untuk kamu ketahui. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali!

  • Yang pertama, kenalilah network-mu. Ketika baru kenal seseorang, cobalah untuk benar-benar mengenalinya. Misalkan apa sebenarnya bisnisnya, apa kesenangannya, kepribadiannya seperti apa, dan sebagainya. Caranya dengan lebih melihat dan mengamati secara seksama.
  • Yang kedua, coba pahami rekan, teman, ataupun relasi yang ingin kamu bangun. Apa sebenarnya yang mereka inginkan, jadi dapat menerapkan simbiosis mutualisme, jangan sampai merugikan sebelah pihak saja.
  • Yang ketiga, coba pahami persamaanmu dengan teman dan relasimu. Misalnya dia suka memancing, kamu pun memiliki hobi yang sama, ataupun sama-sama punya hobi membaca buku. Dengan persamaan ini, bisa menjadi perbincangan yang menarik dan seru, di sisi lain tentunya kedua pihak akan semakin cocok.
  • Yang keempat, keep contact. Selalu jaga hubungan baik itu. Sesekali bisa banget nih bertemu, entah ngopi bareng ataupun jalan-jalan bareng, biar bisa saling bertukar pikiran.
  • Kelima, kamu juga harus bisa menginformasikan dengan baik bentuk relasi seperti apa yang ingin kamu bentuk, seperti ingin berteman baik, membangun bisnis bersama, ataupun yang lainnya.

Setelah membaca lima dasar di atas, sudah makin siap nih membangun relasi yang makin luas!? Civitas INSTIKI, tak harus menunggu bekerja terlebih dulu baru membangun relasi yang luas. Di mulai dari berkuliah di INSTIKI, kamu dapat membangun networking. Bertemanlah dengan baik bersama teman-temanmu di kelas, jalin pertemanan melalui organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), apalagi INSTIKI memiliki 28 UKM yang siap mengasah soft skill dan hard skill kamu.

PENGUMUMAN LAINNYA