4 Aplikasi untuk Membuat Laporan Keuangan dengan Mudah, Belajar Komputer Akuntansi Yuk!

4 Aplikasi untuk Membuat Laporan Keuangan dengan Mudah, Belajar Komputer Akuntansi!

Semakin berkembangnya teknologi di dunia bisnis/industri, kita dituntut untuk bisa menggunakan teknologi yang semakin mutakhir. Dengan adanya teknologi tentunya membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Contohnya, adanya sebuah aplikasi komputer akuntansi yang dapat memudahkan seorang accounting dalam membuat laporan keuangan.

Pernahkah kamu mendengar ataupun mempelajari tentang aplikasi komputer akuntansi? Mungkin bagi kamu yang masih asing dengan aplikasi ini, agak bingung ya? Pasti banyak pertanyaan yang kamu ingin tahu tentang aplikasi komputer akuntansi. Di simak yuk, civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali. Apa saja sih aplikasi komputer akuntansi yang dapat membantumu dalam membuat laporan keuangan?

MYOB

MYOB (Sumber: website/akuntansionline.co)

Mind Your Own Businnes atau MYOB adalah sebuah aplikasi komputer akuntansi yang sangat populer di Indonesia. MYOB merupakan suatu program aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi dan membuat pembukuan akuntansi secara otomatis, lengkap, cepat, dan akurat. MYOB sangat cocok digunakan oleh UKM menengah kebawah. MYOB sangat direkomdasikan untuk membuat data-data keuangan.

Accurate Accounting

Accurate Accounting (Sumber : website/acisindonesia.com)

Accurate accounting adalah aplikasi komputer akuntansi yang user friendly, job costing software yang memudahkan dalam menyusun laporan keuangan, laporan laba rugi, dan laporan keuangan lainnya. Kelebihan dari Accurate yaitu laporannya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan user. Kekurangan dari Accurate yaitu user hanya bisa login sebagai supervisor, dan hanya bisa membuka database di hard drive lokal komputer.

Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Microsoft Office Accounting Express (MOAE) (Sumber: website/ microsoft-office-accounting-express.soft32.com)

MOAE merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), sehingga MOAE bisa didapatkan secara gratis. Namun, meskipun hanya sebuah program promosi, MOAE cukup dapat diandalkan. Untuk membuat laporan keuangan kamu bisa langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, tanpa perlu membuat jurnalnya. Kekurangan dari MOAE yaitu pada fitur perpajakannya tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di Indonesia. Tapi, MOAE sangat direkomendasikan untuk yang membutuhkan aplikasi komputer akuntansi.

Krishand

Krishand (Sumber: website/pajak.net)

Krishand, aplikasi komputer akuntansi dalam hal pelaporan pajak. Software ini yang mengkhususkan pada pelaporan pajak yang menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di Indonesia, sehingga tidak perlu lagi menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu dalam membuat laporan perpajakan yang akurat secara efektif dan efisien.

Kelebihan dari Krishand yaitu kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan. Selain membuat laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan untuk membuat laporan lainnya. Kelemahan dari Krishand yaitu ada pada usabilitasnya yang kurang baik dan permasalahan kepemilikannya.

Kuliah Di INSTIKI, Pelajari Aplikasi Komputer Akuntansi!

Aplikasi komputer akuntansi adalah salah satu mata kuliah yang dipelajari di program studi Teknik Informatika Komputer Akuntansi dan Bisnis (TI-KAB) Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Di kampus swasta terbaik di Bali, kamu akan diajarkan dalam membuat sebuah laporan keuangan menggunakan aplikasi komputer akuntansi. Di sini kamu tidak hanya diajarkan teori saja, namun juga diajarkan praktik langsung oleh dosen-dosen yang professional. Tidak usah ragu lagi, buruan daftar di kampus IT – INSTIKI dan wujudkan cita-cita kamu menjadi seorang accounting yang profesional.

 

Penulis: Ni Wayan Putriani

Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA