Cara Mudah Membuat Website Tanpa Coding Bersama Kampus Komputer Terbaik di Bali – INSTIKI

Cara Mudah Membuat Website Tanpa Coding (Ilustrasi oleh INSTIKI Berlokasi di Kampus INSTIKI)

Jika dulu dalam membuat website terkesan sangat sulit karena kita harus paham bahasa pemrograman, database, hingga teknisnya, namun berbeda dengan sekarang. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kamu dapat membuat website dengan mudah dan praktis tanpa harus jago coding!

Gimana caranya? Yuk simak penjelasan dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus teknologi Terbaik di Bali!

Tentukan Tipe Website!

Yang pertama harus kamu lakukan adalah menentukan ide dan jenis website yang akan kamu buat. Ada beberapa jenis website yang bisa menambah inspirasimu, seperti:

  • Website Toko Online! Kamu pengen berjualan online? Untuk memudahkan dalam berjualan dan mempromosikanprodukmu ke pelanggan buatlah website tipe ini. Kamu dapat menjual produkmu ke seluruh belahan dunia!
  • Portofolio, bagi kamu yang ingin kuliah sambil kerja ataupun sudah lulus dari INSTIKI,bisa banget membuat portfolio dalam bentuk website. Kamu bisa membuat website portofolio untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan klien, mengikuti lomba ataupun kompetisi, hingga tawaran bisnis.
  • Berita. Di era yang serba online seperti sekarang ini, membuat website berita bisa menjadi peluang yang sangat menarik.
  • Website Edukasi! Kamu memiliki hobi atau kemampuan di bidang tertentu? Kamu dapat mencoba membuat kursus online atau bikin website yang menawarkan layanan keanggotaan. Dengan website ini, kamu bisa berbagi informasi dan edukasi, sekaligus mengasah keahlian di bidang tersebut.
  • Komunitas online. Bikin komunitasmu sendiri sesuai dengan hobimu, sekaligus mewadahi orang-orang yang memiliki hobi yang sama dalam satu wadah!

Pilih Web Hosting

Setelah menyimpulkan untuk membuat website yang seperti apa, sekarang saatnya kamu membeli hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu. Web hosting sendiri adalah tempat penyimpanan online yang akan menyimpan semua data website-mu.

Pilih Nama Domain

Selanjutnya adalah menentukan nama domain. Pastikan kamu memilih nama domain yang mudah diingat sekaligus unik karena domain adalah alamat yang akan digunakan untuk website-mu.

Pilih Platform dan Mulai Buat Website

Terdapat tiga pilihan yang dapat kamu gunakan untuk membangn website, yaitu sebagai berikut:

  • CMS, CMS adalah singkatan dari Content Management System ynag merupakan sistem yang membantu pengguna membuat, mengatur, dan mengubah konten di dalam website. Salah satu rekomendasi CMS yang paling populer adalah WordPress.
  • Website Builder. Apabila kamu masih sangat awam dalam membuat website, cobalah menggunakan website builder seperti Wix, Site Builder, dan Weebly.
  • Dengan Coding. Metode membuat website terakhir ini memerlukan pengetahuan tentang coding dan pemrograman menggunakan HTML dan CSS. Kamu bisa membuat kode untuk website menggunakan software seperti Notepad++, Text Wrangler, ataupun Sublime Text.

Tertarik untuk mengembangkan website profesionalmu sendiri? Pelajari seluk-beluk dalam membuat website di program studi Teknik Informatika INSTIKI, yuk!

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di INSTIKI yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Teknik Informatika INSTIKI tidak hanya mempelajari konsep dan teori saja, jurusan ini pun menerapkan praktik langsung di lapangan. Status program studi Teknik Informatika INSTIKI terakreditasi B dalam surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mengeluarkan surat keputusan No. 3267/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA