3 Fitur Baru WhatsApp Diluncurkan Agustus Ini!

WhatsApp (Sumber: cnbcindonesia.com)

Salah satu aplikasi pesan singkat terpopuler di dunia, WhatsApp, mengeluarkan tiga fitur terbaru dalam platformnya. Civitas INSTIKI, kamu sudah tahu?

Dalam waktu dekat, WhatsApp akan segera menghadirkan tiga fitur baru terkait privasi. Fitur tersebut meliputi kemampuan untuk menyembunyikan status online, memblokir tangkapan layar (screenshot) pada pesan sekali lihat (View Once), dan keluar dari grup secara diam-diam. Fitur baru tersebut diumumkan oleh Head of WhatsApp, Will Cathcart dan Mark Zuckerberg pada Selasa (09/08/2022).

Civitas INSTIKI, yuk kita bahas ketiga fitur ini bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

Sembunyikan Status Online dari Kontak Tertentu

Fitur privasi pertama yang akan dirilis WhatsApp adalah kemampuan untuk menyembunyikan status “online” untuk kontak tertentu. Dengan fitur ini, pengguna dapatmemiliki kontrol untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja. Terutama bagi pengguna yang tidak ingin orang-orang tertentu tahu kapan dirinya sedang aktif di WhatsApp.

Perlu dicatat, fitur ini berlaku dua arah. Artinya, saat pengguna menyembunyikan status online miliknya, maka pengguna juga tidak bisa melihat status online milik pengguna lain.

Cara menyembunyikan status online di WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka Settings (setelan)
  • Klik Account (akun)
  • Pilih Privacy (privasi)
  • Lalu, muncul pengaturan last seen & online (terakhir dilihat dan online). Kamu dapat sepenuhnya menyembunyikan status online dari opsi yang tersedia, yaitu Everyone, My Contact, My Contacts Except…, dan Nobody.

Keluar Diam-diam dari Grup WhatsApp

Fitur kedua adalah keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam. Yang sering bertanya bagaimana caranya keluar dari grup WA tanpa diketahui, WhatsApp akhirnya memberikan solusi. Selama ini, ketika pengguna “leave group” alias keluar dari grup WhatsApp, anggota grup lainnya akan menerima notifikasi berbunyi “(nomor/nama kontak) keluar dari ruang obrolan.” Sebagian pengguna tentunya merasa hal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah, dengan fitur privasi yang baru, anggota grup lain tidak akan menerima pemberitahuan bahwa kamu keluar dari grup. Namun, admin grup WhatsApp masih akan tetap menerima notifikasi saat anggotanya keluar dari ruang obrolan.

Blokir Screenshot untuk Pesan View Once

Selanjutnya adalah pemblokiran tangkapan layar (screenshot) untuk pesan sekali lihat (View Once). Pengguna WhatsApp biasanya bisa mengambil screenshot pesan yang dikirim menggunakan fitur View Once. Tujuannya, mengakali pesan sekali lihat agar dapat disimpan atau dibagikan kembali, meski sudah terhapus.

Namun kedepannya, WhatsApp memastikan, pesan yang dikirim melalui fitur sekali lihat, secara otomatis akan dilindungi dari upaya tangkapan layar. Sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Itulah fitur yang akan segera hadir dalam platform WhatsApp. Temukan informasi dan berita menarik lainnya dengan mengakses website INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali! INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik yang terletak di pusat kota Denpasar, Bali. Kini, INSTIKI memiliki empat program studi unggulan, yaitu Teknik Informastika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan jurusan Manajemen Bisnis program studi Bisnis Digital. Yuk kuliah di Bali, di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA