Python vs PHP: Mana yang Lebih Baik?

Python vs PHP: Mana yang Lebih Baik?

Memilih bahasa pemrograman yang tepat sangat penting untuk setiap development project. Saat ini, Python dan PHP adalah dua bahasa pemrograman yang populer sekaligus sering dipergunakan.

Saat membandingkan keduanya, memilih salah satu untuk dipakai menjadi agak sulit. Diantara Python dengan PHP, sebenarnya yang mana lebih baik?

Yuk kita bahas sampai tuntas Python dan PHP bersama kampus IT terbaik di Bali, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Apa Itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang dirilis pada tahun 1991 yang dapat digunakan dalam berbagai platform dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode, Python adalah salah satu bahasa populer yang berkaitan dengan Data Science, Machine Learning, dan Internet of Things (IoT). Keunggulan Python yang bersifat interpretatif juga banyak digunakan untuk prototyping, scripting dalam pengelolaan infrastruktur, hingga pembuatan website berskala besar.

Keunggulan Python

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki bahasa pemrograman ini, yaitu sebagai berikut:

  • Dari sisi sintaksis, struktur kode Python jauh lebih sederhana dan mudah untuk dimengerti.
  • Python adalah bahasa pemrograman portable, di mana kamu dapat menggunakannya di berbagai platform dan di berbagai sistem operasi.
  • Python memiliki pustaka atau library standar yang sangat luas dengan beragam modul yang siap kamu gunakan.
  • Python mendukung aplikasi GUI dan memiliki kerangka kerja web seperti tkmter, Django, sampai WXPython.
  • Bahasa pemrograman ini bebas digunakan, dikembangkan, dan distribusikan karena bersifat open source.

Apa Itu PHP?

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang dirilis pada tahun 1994 dan merupakan salah satu jenis bahasa scripting terpopuler di dunia. PHP termasuk bahasa program yang berjalan di sisi server dan banyak digunakan oleh kalangan web developer khususnya backend engineer untuk membuat website dari sisi server.

Keunggulan PHP

Bahasa pemrograman PHP memiliki cukup banyak keunggulan, seperti berikut ini:

  • Bahasa pemrograman ini termasuk tingkatan entry level yang mudah untuk diinstal dan dikonfigurasi, sehingga mudah dipelajari bagi orang-orang yang masih awam di bidang ini.
  • PHP dapat dipergunakan diberbagai platform seperti Mac OS, Windows, Linux, dan lain sebagainya.
  • PHP dikenal sebagai program yang ringkas dan praktis mulai dari proses unduh, instalasi, sampai proses pengembangan yang tidak memerlukan waktu yang banyak.
  • Bersifat open source, bisa di download langsung pada website official.
  • Kompatibel dengan Apache Server dan IIS Server.

PHP vs Python

Kedua bahasa ini sangatlkah populer dan memiliki keunggulannya masing-masing. Lantas yang mana yang lebih baik? Diukur dari cara kerja masing–masing bahasa, antara Python dan PHP dapat bekerja dengan baik pada pengembangan sebuah website.

Akan tetapi, apabila kamu bekerja sebagai seorang backend developer maka akan lebih baik menggunakan PHP. Saat kamu bekerja sebagai machine learning developer, maka lebih baik menggunakan Python. Karena, bahasa Python dapat digunakan untuk membuat aplikasi selain website dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari – hari. Sebagai contoh, Python digunakan untuk membangun teknologi AI (Artificial Intelligence), IOT (Internet of Things), dan lain sebagainya. Jika berurusan dengan pengelolaan database, maka lebih baik menggunakan PHP yang telah mendukung banyak sekali database seperti MySQL, Oracle, dsb.

PHP akan lebih sering digunakan dalam pengembangan aplikasi website pada sisi server, Python lebih digunakan untuk mengembangkan machine learning untuk kebutuhan development seperti AI, IOT, dan lain sebagainya.

Pengen Mendalami PHP ataupun Python?

Salah satu langkah terbaik untuk bisa menguasai bahasa pemrograman PHP ataupun Python adalah dengan berkuliah di INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. INSTIKI adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di jantung kota Denpasar, Bali yang telah terkakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Ingin mempelajari PHP ataupun Python untuk meraih karir impian? Program studi S1 Teknik Informatika cocok untukmu!

Program studi Teknik Informatika (TI) memiliki misi melaksanakan pendidikan yang berfokus pada kebutuhan pengembangan ilmu dan teknologi berbasis komputer untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA