Inovasi Smart Village! Desa Kukuh, Tabanan Berkolaborasi Bersama INSTIKI Bangun Smart Farming Berbasis IoT

Inovasi Smart Village, Desa Kukuh Kerambitan Tabanan Berkolaborasi Bersama INSTIKI Bangun Smart Farming Berbasis IoT

Pemerintah Desa Kukuh, Kerambitan, Tabanan berkolaborasi bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) membangun Smart Farming berbasis Internet of Things (IoT) dalam mewujudkan Desa Digital dan Desa Pintar (Smart Village).

Pasca tiga bulan implementasi dan uji coba, tepat pada Selasa (12/07/2022) dilaksanakan evaluasi Smart Farming yang dibangun oleh dosen dan mahasiswa INSTIKI, yakni I Putu Dedy Martawan, I Komang Ferby Arya Adiawan, I Made Ade Prasetia Widnyana, dan I Nyoman Gede Bayu Baskara.

Dengan adanya Smart Farming berbasis IoT ini, petani tidak perlu lagi melakukan penyiraman, pemupukan, hingga pemantauan secara konvensional. Sistem ini membuat pekerjaan petani menjadi lebih ringan karena dijalankan secara otomatis dan mutakhir.

Smart Farming Berbasis IoT dapat Diakses dan Dipantau Melalui Smartphone

“Alat ini bekerja dengan memasangkan sensor mulai dari sensor hujan, kelembaban, PH, dan lainnya. Alat ini kami dedikasikan penuh agar kedepannya visi dan misi dari Desa Kukuh bisa tercapai menuju Desa Pintar,” ungkap I Putu Dedy Martawan, mahasiswa INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali.

I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom, Dosen INSTIKI sekaligus menjadi pembimbing menyampaikan bahwa pertanian saat ini masih banyak dioperasikan secara konvensional, sehingga dengan ini diharapkan teknologi mulai untuk berkolaborasi mengembangkan bidang pertanian agar para petani khususnya petani muda bersedia untuk ikut mengembangkan lahan pertanian berbasis teknologi.

“Dengan dibangunnya teknologi ini, diharapkan menjadi sebuah solusi bahwa bertani dan berkebun itu tidak susah, bahkan tidak dipandang lagi jika bertani atau berkebun pasti otientasinya kotor kemudian susah,” jelas Perbekel Desa Kukuh, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd.

Smart Farming Berbasis IoT di Desa Kukuh, Kerambitan, Tabanan 

Diakhir, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika INSTIKI karena telah memfasilitasi dan mewujudkan Desa Kukuh sebagai smart village salah satunya melalui realisasi kegiatan Smart Farming berbasis IoT.

INSTIKI sebagai kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara selalu berkolaborasi dan mengembangkan teknologi mutakhir, salah satunya adalah Smart Farming Berbasis IoT ini. Mau jadi pengembang teknologi seperti mahasiswa INSTIKI lainnya? Yuk kuliah di Bali di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA