Curhat di Media Sosial Berujung Amblasnya Uang di Rekening, Kok Bisa?

Curhat di Media Sosial Berujung Amblasnya Uang di Rekening, Kok Bisa?

Pernah nggak sih saat kamu menyampaikan keluhan terkait layanan perbankan, seperti nge-tweet di Twitter, curhat di Facebook, ataupun nge-posting di Instagram, yang muncul malah akun-akun palsu mengatasnamakan bank tersebut?

Hi civitas INSTIKI! Hati-hati ya, curhat di media sosial bisa berujung hingga penipuan lho!

Akun-akun palsu mengatasnamakan bank ini biasanya menawarkan bantuan dengan mengarahkan calon korban ke website atau nomor WhatsApp palsu. Pelaku akan meminta data pribadi korban untuk menguras isi rekening. Ini adalah bentuk kejahatan siber lewat rekayasa interaksi yang disebut social engineering.

Cara yang paling sering dilakukan adalah menyamar menjadi pegawai ataupun pihak bank, namun kejahatan siber ini juga bisa terjadi melalui interaksi fisik, modusnya seperti memberikan bantuan di ATM.

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2021, OJK mencatat kerugian Indonesia pada praktik penipuan ini mencapai Rp.4,26 trilliun. Sementara secara global, industri perbankan merugi sampai pada 67 miliar USD per tahun.

Menurut Survei Grup Keamanan Perangkat Lunak Global, kaspersky Lab tahun 2016, Indonesia dilaporkan menjadi negara dengan jumlah penipuan keuangan online tersebar di dunia dengan korban mencapai 26%, disusul oleh Vietnam 25%, dan India 24%.

Dengan adanya digitalisasi di dunia perbankan, selain berdampak positif pun juga memiliki banyak hal negatif yang bisa terjadi seperti penipuan ini. Jadi, yuk lebih berhati-hati guys!

Sebagai kampus IT terbaik di Bali, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) akan selalu memberikan informasi teraktual untuk mengedukasi civitas INSTIKI. Akses informasi terkini tentang INSTIKI dan kabar seputar berita edukasi melalui website INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

INSTIKI telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA