Pernah Kepikiran Developer Game Dapet Cuan Dari Mana?

Pernah Kepikiran Developer Game Dapet Cuan Dari Mana?

Ketika kamu bekerja di perusahaan Developer Game, kamu akan mendapatkan uang dari gaji. Lantas akan muncul sebuah pertanyaan, kalau perusahaan Developer Game dapet cuan dari mana ya?

Biar nggak bingung, cek artikel dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus IT terbaik di Bali, yuk!

Penjualan Game

Penjualan game menjadi penghasilan pertama yang diperoleh oleh perusahaan Developer Game. Dengan menjual game yang dibuat seperti game premium atau berbayar lewat platform Steam, Apple Store, atau Play Store. Contohnya seperti developer game besar EA Sport dan Ubisoft. Mereka mendapatkan banyak cuan dari penjualan game yang dibuatnya.

Dari in-App Purchase

Sederhananya, pembelian dalam aplikasi atau langganan. Yang dijual dapat berupa item game, fitur premium, atau akses game penuh bahkan versi pro. Game terkenal yang menjadi 10 game terpopuler di Indonesia seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG, Ganera Free Fire: Rampage, ataupun ROBLOX rata-rata menerapkan ‘pembelian in-app’ lho!

Penjualan Merchandise

Sering dilakukan oleh developer game di Jepang, biasanya mereka menjual kaos, gantungan kunci, keyboard, laptop, dan aksesori lainnya sebagai merchandise game mereka, ini juga menjadi cara yang cukup mumpuni untuk menghasilkan pendapatan!

Iklan

Saat kamu melihat iklan beberapa detik di sebuah game, ini adalah jurus jitu mereka untuk menghasilkan uang. Si developer/perusahaan akan mendapatkan penghasilan dari pengiklan yang memasang iklan.

Dari Kerja Sama

Kolaborasi bersama perusahaan film atau komik. Contohnya video game “injustice” dan “Injustice 2” yang menggunakan karakter DC Comics.

Gimana, tertarik menjadi Developer Game? Dilansir dari We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain game terbanyak ketiga di dunia setelah Filipina dan Thailand per Januari 2022. Dengan pasar Indonesia yang begitu besar, ini dapat berpeluang sangat baik bagi para pengembang game untuk mengembangkan game di Indonesia bahkan di dunia.

Untuk mengawali langkah mengembangkan game keren seperti Mobile Legends ataupun PUBG, berkuliah di Program Studi S1 Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali dapat menjadi solusi. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan sertifikasi internasional. Belajar hard skill dalam mengembangkan game sekaligus mengasah soft skill membangun komunikasi bersama tim, bisa dimulai dari sini! Yuk kuliah di Bali di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA