Call to Action (CTA), Teknik Marketing Favorit dalam Digital Marketing

Call to Action (CTA), Teknik Marketing Favorit Dalam Digital Marketing

Digital Marketing menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat mempermudah proses digital marketing saat ini. Nah, tahukah kamu dalam digital marketing terdapat sebuah teknik yang sering digunakan, ialah Call to Action (CTA).

Apa Itu Call to Action?

Dilansir dari Investopedia, call-to-action (CTA) ialah istilah dalam dunia marketing yang digunakan untuk menggambarkan langkah yang marketer harapkan akan diambil oleh pelanggannya.

Singkatnya, CTA adalah suatu gambar, tulisan, atau ucapan yang mendorong audiens atau pengunjung website untuk melakukan action. Baik dari membaca artikel lebih lanjut, membeli sesuatu, menggunakan jasa yang ditawarkan, atau berlangganan newsletter blog dari suatu website. Biasanya CTA memiliki link khusus yang mengarahkan pengunjung ke halaman yang dituju.

Kalimat Promosi dengan Tujuan “Mengajak”

Marketing dengan teknik CTA cenderung memakai kata-kata yang yang sifatnya ajakan seperti daftar, beli, pesan, bagikan, download dan kata ajakan lainnya. Dipakainya kata ajakan ini tak lain dan tak bukan untuk memberikan sugesti bagi audiens untuk melakukan tindakan yang dimaksud dalam promosi.

Contoh CTA yang sering dipakai seperti kalimat “Download Sekarang!”, “Buat akun dan dapatkan voucher 20%”, atau “Order Sekarang”. Kalimat-kalimat ini tentu akan memberikan sugesti bagi audiens untuk melakukan tindakan mengikuti ajakan.

Peran CTA Pada Digital Marketing

CTA ternyata punya peran yang cukup krusial dalam Digital Marketing terutama untuk menarik perhatian serta minat audiens terhadap suatu produk/jasa. Dilansir dari Adroll, konten digital marketing dengan CTA punya peluang CTR/Rasio Klik yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten tanpa CTA. Peluang konten dengan CTA untuk di klik bahkan mencapai 2x lipat lebih tinggi.

Digital marketing menjadi hal penting dalam perkembangan digitalisasi yang semakin mutakhir. Masih dalam satu rumpun ilmu, tak hanya digital marketing yang memegang peran penting lho. Mempelajari Manajemen, Kewirausahaan Digital, e-commerce, ataupun Analisa Bisnis Digital akan menjadi skill yang sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja dan menunjang karir sejalan dengan perkembangan teknologi.

Kamu tertarik mempelajari dan berkarir di bidang yang satu ini? Melanjutkan studi di kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali yakni di INSTIKI bisa jadi pilihan terbaik untukmu. INSTIKI memiliki jurusan S1 Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital yang mempelajari seluk beluk dunia bisnis digital dan ilmu manajemen bisnis yang digabungkan dengan canggihnya teknologi. Jadi tunggu apalagi, jadilah bagian dari civitas INSTIKI dan raih karir impianmu bersama INSTIKI!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses ‪https://instiki.ac.id/apply-now/‬

PENGUMUMAN LAINNYA