Apa Bedanya RGB dengan CMYK?

D11DEA70-2968-4AF6-AB5B-D0064792EEB7.jpg
RGB dan CMYK, 2 Jenis Warna Pilihan Designer Grafis

Bermain dengan warna menjadi kegiatan wajib bagi seorang designer. Mulai dari membuat ilustrasi, logo, poster, dan masih banyak lagi membutuhkan yang namanya ‘warna’. Warna menjadi hal penting dalam dunia desain.

Dalam dunia desain ada dua istilah pallete warna yang sering digunakan designer yakni RGB dan CMYK. Isitlah apa itu? INSTIKI sebagai kampus IT, bisnis, dan desain terpopuler di Bali akan menjelaskannya untukmu!

RGB dan CMYK

RGB adalah pallete warna yang terdiri dari tiga warna primer yakni Merah, Hijau, dan Biru. Nama RGB sendiri diambil dari Bahasa Inggris ketiga warna tersebut, Red Green Blue, yang menjadi RGB. Pallete warna ini sering digunakan oleh designer yang tengah membuat produk desain yang berupa produk digital seperti ilustrasi 2D dan 3D, postingan media sosial, hingga video animasi.

Sementara CMYK merupakan pallete warna yang tersusun dari warna Cyan, Magenta, dan Kuning. Pallete warna CMYK menjadi pilihan bagi designer yang hendak membuat produk cetak atau fisik seperti halnya poster dan baliho.

72075B07-BD09-45E5-B493-99232D76B2DB.jpg
Pallete Warna RGB dan CMYK (Sumber: differencecamp.com)

Perbedaan dari RGB dan CMYK

Meskipun sama-sama pallete warna yang digunakan dalam design, ternyata RGB dan CMYK punya beberapa perbedaan yang bisa dibilang berpengaruh lho, terutama dalam pengunaanya pada sebuah desain. Kira-kira apa saja perbedaanya?

Pallete Warna

Sama-sama tersusun dari tiga warna utama, RGB dan CMYK ternyata bisa menghasilkan warna dengan jumlah yang berbeda lho. Jumlah warna yang bisa dihasilkan dari palette warna RGB mencapai lebih dari 16 Juta warna. Jumlah ini berbanding terbalik dengan pallete warna CMYK yang hanya bisa menghasilkan warna sebanyak 16 Ribu saja.

Pencampuran Warna

Perbedaan lain dari RGB dan CMYK terletak pada hasil pencampuran dari tiga warna utamanya. Jika pada RGB warna Merah, Hijau, dan Biru dicampurkan maka akan menghasilkan warna putih. Namun pada CMYK jika warna Cyan, Magenta, dan Kuning dicampur maka akan menghasilkan warna Hitam.

Penggunaan Ideal untuk Desain

Beda produk desain yang dibuat maka beda juga pallete warna yang digunakan. Jika designer hendak membuat produk desain dalam bentuk digital RGB lebih cocok digunakan. Namun, jika produk yang dibuat akan berupa desain cetak maka CMYK lebih ideal untuk digunakan.

Pallete RGB ideal digunakan dalam produk desain bentuk digital seperti ilustrasi 2D dan 3D, postingan media sosial, dan video animasi. Sementara, Pallete CMYK lebih ideal digunakan dalam produk desain cetak seperti poster, brosur hingga baliho.

Belajar Ilmu Desain di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)

Selain memahami penggunan pallete warna, menjadi seorang designer tentu juga harus menguasai skill desain lain seperti Prinsip Desain, Tipografi, Software Design, Branding, dan berbagai skill lainnya. kamu tertarik untuk belajar skill-skill tersebut? Nah, Melanjutkan studi dengan kuliah di Bali tepatnya di kampus IT terbaik di Bali yakni INSTIKI bisa menjadi pilihan paling tepat. INSTIKI memiliki program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang pastinya akan membentukmu menjadi lulusan siap kerja yang menguasai skill-skill mutakhir dalam dunia desain. Jadi tunggu apalagi, jadilah bagian dari civitas INSTIKI dan raih mimpimu!

STIKI Indonesia kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara dengan akreditasi nasional dan sertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA