Rekomendasi Makanan Khas Bali, Enak Banget!

Memutuskan untuk kuliah di Bali adalah pilihan yang paling tepat! Mengapa demikian!? Tahu nggak sih, kini Bali tak hanya dikenal sebagai The Best Island dengan pariwisata yang telah dikenal dunia sedari dulu, Bali-pun memiliki kualitas pendiidkan bertaraf internasional dengan segudang kelebihan.

Selain kualitas pendidikan di Bali yang oke banget, kamu bisa berkuliah sambil mengeksplor budaya, keindahan alam, hingga kuliner khas Bali yang menggugah selera! Paket lengkap banget nggak tuh!?

Berbicara mengenai kuliner khas Bali, INSTIKI sebagai kampus swasta terbaik di Bali merekomendasikan makanan khas Bali yang wajib untuk kamu coba ketika memutuskan untuk kuliah di Bali. Karena belajar bisa dari mana saja, jadi yuk kita explore kuliner khas Bali!

Ayam Betutu

10 Iconic Cuisines That You Must Try on Your Next Visit to Bali
Ayam Betutu (Sumber: putritaruno)

Betutu adalah hidangan khas Bali berupa ayam atau bebek yang dikukus dengan tambahan rempah-rempah yang kaya akan cita rasa bumbu khas Bali. Hidangan pedas ini sangat populer dan telah mendunia lho! Betutu di setiap wilayah di Bali memiliki cara memasak dan bumbu unik yang berbeda-beda, semua punya ciri khas dan keunikanya masing-masing.

Be Guling atau Babi Guling

10 Iconic Cuisines That You Must Try on Your Next Visit to Bali
Be Guling atau Babi Guling (Sumber: babimoglongbali)

Bagi non Muslim, Be Guling menjadi favoritnya banyak orang! Cara memasaknya cukup unik, kuliner yang satu ini dimasak dengan babi utuh yang ditambahkan ramuan bumbu khas Bali lalu dipanggang secara tradisional hingga berwarna coklat keemas-emasan. Kamu wajib untuk mencoba Be Guling! Sudah pernah tes kriuk?

Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali (Sumber: Instagram.com/renibean)

Explore Bali belum lengkap apabila belum mencicipi kuliner Nasi Campur Bali. Nasi Campur Bali adalah makanan khas Bali yang berisi nasi dan aneka lauk, seperti sate lilit, lawar, ayam suwir, sambel matah, dan masih banyak lagi. Harganya sangat terjangkau!

Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang (Sumber: balitopholiday)

Rujak Kuah Pindang adalah kuliner favorit masyarakat Bali. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan utama Bulung (rumput laut) atau buah-buahan segar yang dicampur dengan kuah pindang, rasanya enak dan tentunya sehat banget!

Serombotan

Serombotan (Sumber: Instagram.com/laskarkuliner)

Serombotan juga menjadi salah satu jenis makanan khas Bali khususnya Klungkung. Sayur dan bumbu yang digunakan untuk membuat Serombotan ini sedikit berbeda, bumbu yang digunakan terbuat dari rempah seperti kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas yang disebut sebagai bumbu kalas. Serombotan biasa disajikan bersama Nasi Sela dengan sayur seperti kangkung, kacang panjang, bayam, tauge, buncis, pare dan terong.

Tipat Cantok

10 Iconic Cuisines That You Must Try on Your Next Visit to Bali
Tipat Cantok (Sumber: warungluwih2017)

Tipat Cantok adalah makanan tradisional khas Bali yang umum dan dapat ditemukan dengan mudah di Bali. Kuliner ini dibuat dari sayuran yang dikukus seperti kacang panjang, kangkung, dan lainnya dilengkapi dengan ketupat yang dicampur dengan saus kacang. Terkadang beberapa orang menambahkan kecap untuk menambah cita rasa manis pada hidangan ini. Tipat Cantok dapat ditemukan di warung-warung kecil hingga restoran besar.

Bubuh Injin

10 Iconic Cuisines That You Must Try on Your Next Visit to Bali
Bubuh Injin (Sumber im.carter)

Bubuh Injin merupakan bubur beras hitam yang mudah ditemukan diBali. Bubuh Injin dibuat dari campuran beras hitam dan beras ketan. Untuk mendapatkan konsistensi serta tekstur yang lembut, sajian ini dipermanis dengan siraman gula aren dan parutan kelapa. Sangat menggiurkan!

Jaje Laklak

Jaje Laklak (Sumber: haytien04)

Jaje Laklak adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari tepung beras. Jajanan ini memiliki warna hijau muda atau putih yang dicampur kelapa parut kemudian disiram dengan saus gula Bali. Sudah pernah coba?

Wihh … lezat banget nggak tuh! Jangan lupa cobain kuliner khas Bali di atas ya!

Pengen kuliah di Bali? Salah satu kampus terbaik untuk mengenyam pendidikan berkualitas bertaraf internasional di Bali adalah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI sebagai kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara menerapkan kurikulum belajar yang berkualitas yang dibimbing oleh tenaga kependidikan profesional, handal, dan milenial sehingga dapat melatih soft skill dan hard skill-mu menjadi lulusan siap meraih karir impian. INSTIKI, kampus IT, desain, dan bisnis terbaik di Bali telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurisan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA