5 Soft Skill yang Perlu Dikuasai Sebelum Masuk Dunia Kerja

5 Soft Skill yang Perlu Dikuasai Sebelum Masuk Dunia Kerja

Berbicara mengenai skill yang harus dikuasai sebelum terjun ke dunia kerja, kamu wajib untuk menguasai hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan spesifik yang harus dimiliki untuk sebuah pekerjaan tertentu. Contohnya, desain web, menulis, akuntansi, ataupun programming. Sedangkan, soft skill adalah keterampilan sosial, komunikasi, dan lain sebagainya.

Dilansir dari The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Untuk menunjang karirmu, kamu perlu untuk menguasai soft skill ini!

Komunikasi

Komunikasi menjadi soft skill penting dalam setiap aspek kehidupan termasuk pekerjaan. Dalam pekerjaan, kamu akan bertemu dan berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, klien, pelanggan, vendor, dan masih banyak lagi. Memiliki skill komunikasi yang mumpuni menjadi keterampilan yang wajib kau dikuasai, mulai dari:

  • Mendengarkan
  • Negosiasi
  • Presentasi
  • Public speaking
  • Social skill
  • Verbal dan non-verbal communication

Leadership

Seseorang yang akan masuk ke dunia kerja dan berkarir di perusahaan impian sangat memerlukan skill yang satu ini. Meskipun kamu bukan seorang pimpinan perusahaan, wajib hukumnya mempunyai keterampilan dalam leadership:

  • Manajemen konflik
  • Delegasi
  • Membuat keputusan
  • Manajemen

Kuliah di Bali yakni di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), secara nggak langsung kamu akan terlatih untuk menjadi pemimpin. Mulai dari belajar dengan dipandu oleh dosen profesional hingga mengikuti kegiatan UKM dan organisasi kemahasiswaan dapat melatih keterampilan leadership kamu!

Positive Attitude

Ketika berkarir di sebuah perusahaan, tentunya kamu akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki beragam kepribadian. Di sinilah pentingnya memiliki positive attitude yang akan berdampak positif terhadap karir maupun sosial antar rekan kerja. Di lain sisi, perusahaan tentu menjadi orang yang membawa sikap positif ke kantor bukan sebaliknya!

Teamwork

Pernah melihat lowongan pekerjaan yang menuliskan “mampu bekerja sama dengan tim?” Inilah salah satu syarat umum yang dicantumkan dalam poster lowongan pekerjaan. Teamwork menjadi hal penting ketika bekerja di suatu perusahaan. Jadi, pastikan kamu menguasai soft skill yang satu ini.

Critical Thinking

Apapun pekerjaannya, perusahaan pasti ingin merekrut orang yang memiliki skill ini. Ketika kamu bekerja, mengerti permasalahan, berpikir kritis, dan menemukan solusi, inilah critical thinking. Keterampilan ini meliputi:

  • Kreatifitas
  • Berpikir logis
  • Kecerdasan berpikir out of the box
  • Problem solving
  • Keinginan untuk belajar

INSTIKI sebagai kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara menerapkan kurikulum belajar yang berkualitas yang dibimbing oleh tenaga kependidikan profesional, handal, dan milenial sehingga dapat melatih soft skill dan hard skill-mu menjadi lulusan siap meraih karir impian. INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI memiliki 37 UKM aktif dan organisasi mahasiswa. Dengan kuliah di INSTIKI, kamu bebas mengikuti beragam aktivitas seru sesuai minat dan bakatmu!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA