Selain Hari Raya Galungan, Inilah Hari Besar Hindu lainnya

Selain Hari Raya Galungan, Inilah Hari Besar Hindu lainnya

Pulau Bali identik dengan budaya dan tradisi yang begitu indah tak terlepaskan bersama salah satu agama di Indonesia, ialah Agama Hindu. Hari ini tepat Rabu (08/06/2022), umat Hindu merayakan puncak Hari Raya Galungan! Rahajeng Galungan Semeton!

Tahukah kamu?! Selain Hari Raya Galungan, ternyata ada banyak hari suci yang dirayakan oleh umat Hindu, inilah yang menjadikan Hindu sekaligus Bali memiliki keindahan tradisi dan budaya tiada tara berdamping harmonis dengan agama lainnya. Biar kita makin paham, yuk simak hari raya umat Hindu ini!

Hari Raya Kuningan

Diperingati setiap Saniscara (Sabtu) Kliwon, Wuku Kuningan, hari suci ini menjadi hari raya yang dilaksanakan setiap 210 hari. Berbeda dengan Galungan, Hari Raya Kuningan yang sering disebut Tumpek Kuningan adalah hari suci pemujaan kepada Dewa Pitara yang dipercaya sebagai turunnya Dewa Pitara ke Bumi. Pada Hari Kuningan, umat Hindu Bali membuat nasi kuning sebagai lambang kemakmuran.

Hari Raya Nyepi

Hari raya ini pasti sudah nggak asing kita dengar! Hari Raya Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Hari Suci Nyepi mempunyai makna yang sangat mendalam, yakni sebagai hari kebangkitan, hari toleransi, hari pembaruan, hari kebersamaan, hari kedamaian hingga hari kerukunan nasional.

Tahun Baru Saka dimulai dengan aktivitas menyepi, dengan menjalankan Catur Brata Penyepian atau 4 pantangan yang dijalankan umat Hindu selama 24 jam. Semua kegiatan ditiadakan termasuk Bandara Internasional-pun ditutup lecua!

Hari Raya Siwaratri

Dilansir dari PHDI, Siwaratri diartikan sebagai malam perenungan dan pemujaan kepada Dewa Siwa yang jatuh pada Panglong Ping 14 Sasih Kapitu. Selama sehari dan semalam umat Hindu akan begadang sambil melantunkan mantra suci sebagai simbolis introspeksi diridan panyadaran.

Hari Raya Saraswati

Hari raya ini diperingati sebagai hari turunya ilmu pengetahuan. Umat Hindu merayakan Hari Raya Saraswati setiap 210 hari dengan menggunakan perhitungan kalender Bali pada Sabtu (Saniscara), Legi (Umanis), Watugunung. Di hari ini umat Hindu melakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan.

Itulah hari raya umat Hindu, Civitas Akademika! Ketika memutuskan untuk kuliah di Bali, kamu dapat merasakan tradisi dan budaya melalui hari suci umat Hindu yang begitu kental dan masih dilestarikan hingga saat ini. Indah ditengah perbedaan!

Tertarik kuliah di Bali sekaligus menjelajahi budayanya? Dahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi INSTIKI, kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali memiliki 4 program studi unggulan yakni Program Studi Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Kuliah di INSTIKI seru banget karena dipandu oleh dosen-dosen milenial dan profesional dengan fasilitas kampus yang lengkap berbasis IT. Yuk kuliah di Bali! Di INSTIKI! Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA