Webinar Nasional English Nihongo Competition: Taklukan IELTS dan JLPT untuk Masa Depanmu!

Webinar Nasional English Nihongo Competition: Taklukan IELTS dan JLPT untuk Masa Depanmu!

Webinar Nasional English Nihongo Competition, kolaborasi apik UKM English Club INSTIKI bersama UKM INSTIKI Nippon Bunka sukses menyelenggarakan Webinar Nasional dengan mengangkat topik IELTS dan JLPT, tes bahasa terpopuler di dunia. Tepat pada Minggu (29/05/2022), Webinar Nasional ini terselenggara secara daring melalui Zoom Meetings yang terbagi menjadi Webinar Nasional I dan II.

“Be Smart, Be Great, and Reach Your Future Through IELTS Test” menjadi tema yang dibawakan oleh Bernadeta Mela Pratiwi, seorang professional IELTS trainer sekaligus CEO & Founder of Your Tutor Bali. Dalam Webinar Nasional I ini, Bernadeta mengulas International English Language Testing System (IELTS) yang menjadi tes Bahasa Inggris terpopuler di dunia yang acap kali dipakai dalam meraih beasiswa, melanjutkan studi ke luar negeri, hingga menunjang karir di masa depan. Tak luput menjadi pembahasan penting, Bernadeta pun membagikan tips and trick agar bisa meraih skor maksimal IELTS.

Webinar Nasional I “Be Smart, Be Great, and Reach Your Future Through IELTS Test”

Webinar Nasional II mengundang Rukmono Danang Nugroho, seorang Japanese Instuctor sebagai pembicara. Webinar Nasional II ini bertajuk “JLPT Is A Bridge to Reach Bright Future” atau dalam Bahasa Jepangnya “JLPT Akarui Mirai Eno Kakehashi.” Topik ini diangkat untuk memberikan wawasan kepada seluruh mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT), ujian kemampuan berbahasa Jepang yang dikhususkan bagi para penutur asing Bahasa Jepang.

Danang Nugroho menjelaskan secara detail 5 tingkat tes JLPT yakni N5, N4, N3, N2, dan N1. Di mana N1 merupakan tingkatan tes yang tersulit dan N5 ialah tingkatan tes yang termudah. Selain menyinggung ujian JLPT dan apa saja proses yang harus dilalui, Ia juga memberikan tips agar bisa lulus ujian JLPT.

“Tips dari saya, tentunya paling utama adalah belajar dan menguasai materi sesuai tingkatan tes yang ingin kalian ikuti. Saat menghafal kanji, cukup hafalkan penulisan kanji dalam kata, kalau mau menghafal kosakata cukup hafalkan banyak kolokasi (pasangan kata) dan sinonimnya. Sedangkan untuk tata bahasanya, hafalkan pola kalimat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari,“ tuturnya.

Diakhir acara, Danang Nugroho berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk menjadi pemateri pada acara Webinar Nasional ini. Beliau juga berpesan bagi para peserta agar jangan ragu untuk mempelajari bahasa asing dan teruslah berusaha sampai kamu menguasainya dengan baik.

Simbolis Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Pembicara, Rukmono Danang Nugroho

Sebagai kampus IT terbaik di Bali, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) tak luput mengangkat berbagai topik menarik dan penting untuk dibagikan kepada civitas akademika, salah satunya melalui Webinar Nasional English Nihongo Competition. Ingin mengikuti kegiatan serupa yang diadakan oleh UKM INSTIKI? Temukan informasi beragam event kreatif dan inovatif hanya di Website INSTIKI!

Dahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi INSTIKI, kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali memiliki 4 program studi unggulan yakni Program Studi Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Kuliah di INSTIKI seru banget karena dipandu oleh dosen-dosen milenial dan profesional dengan fasilitas kampus yang lengkap berbasis IT. Yuk kuliah di Bali! Di INSTIKI! Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

Penulis: Nur Dila Fadilah dan Kadek Gunamulya Sudarma Yasa
Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA