Esports: Berawal dari Hobi Main Game Hingga Kompetisi Bergengsi

Timnas Mobile Legends Indonesia Berlaga di Sea Games 2021 (Sumber: Selular.ID)

Sukses memboyong 6 medali di Ajang SEA Games 2021 Vietnam membuat semua mata kini tertuju pada Tim Nasional Cabang Esports. Pasalnya sebagai salah satu cabang olahraga yang belum lama dipertandingkan di ajang SEA Games, Indonesia mampu raih prestasi yang membanggakan di tahun 2022 ini.

Walaupun telah membanggakan Indonesia, namun masih banyak orang yang masih belum kenal cabang olahraga yang satu ini. Jadi, yuk kenalan dengan cabang cabang olahraga satu ini!

Bermain Game di Ranah Kompetisi Profesional

Esports bukan sebuah olahraga gerakan fisik layaknya sepak bola atau basket, melainkan olahraga kompetitif seperti catur. Mungkin kalimat jadi gambaran bagaimana esports bisa dikategorikan sebagai olahraga. Sesuai dengan namanya esports (Electronic Sport) adalah olahraga elektronik, kompetisi video game jadi salah satu kegiatan yang diperlombakan di bidang olahraga ini. Layaknya olahraga lainnya, esports juga dilakukan secara individual maupun ber-tim.

Esports berkembang sangat pesat di Indonesia maupun di dunia. Banyak event bermunculan di kalangan gamers, mulai dari skala kecil yang diadakan di warnet atau pertempuran antar tim profesional nasional hingga internasional lho. Wihh… nggak nyangka nih dari main game bisa raih prestasi juga!

Punya Segudang Kompetisi dengan Hadiah Fantastis

The Internasional atau yang lebih dikenal dengan TI adalah salah satu kompetisi game MOBA DOTA 2 dengan hadiah yang sangat besar. TI pernah menyiapkan hadiah sebesar Rp 477 miliar untuk para pemenangnya. Ini terjadi pada perhelatan turnamen The Internasional 2019 (TI9) yang digelar di Shanghai, China. Tim esports asal Eropa, OG. Berhasil meraih gelar juara TI dan berhak atas hadiah fantastis itu. Wow, jumlah hadiah yang bukan main!

Selain The Internasional masih ada juga kompetisi esports dengan hadiah fastastis lainnya seperti CS: GO Major Tournament, PUBG Global Championship, League of Legends Worlds Championship dan masih ada banyak lagi. Kompetisi eSports juga sering digelar secara regional dan nasional di berbagai negara termasuk Indonesia.

Funfact: Microsoft Excel Termasuk Esports

Jika kamu beranggapan hanya game yang bisa dikatakan sebagai esports, maka kamu akan terkejut jika tahu fakta ini.  Tanggal 8 Juni 2021 kemarin, Microsoft menggelar sebuah kompetisi profesional untuk Software milik mereka yakni Microsoft Excel. Turnamen yang bertajuk Financial Modeling World Cup (FMWC) ini mempertemukan Spreadsheet Wizard (sebutan untuk ahli Microsoft Excel) dari 8 negara. Turnamen dengan hadiah sebesar $20.000 ini dimenangkan oleh Michel Jarman seorang pria yang mewakili Kanada dalam FMWC. Siapa sangka aplikasi Microsoft Excel pun ada turnamen professionalnya.

INSTIKI Juga Punya UKM Esports Lho!

Ngomongin seputar esports nih, INSTIKI sebagai kampus IT terpopuler di Bali punya sebuah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang berfokus dalam bidang esports. Esports INSTIKI adalah wadah bagi mahasiswa INSTIKI yang ingin mengembangkan minat dan bakat dalam bidang esports. INSTIKI Esports juga sering berpartisipasi dan meraih juara dalam berbagai kejuaraan ternama. Sebuah prestasi yang membanggakan!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Jadi tunggu apalagi, jadilah salah satu bagian civitas INSTIKI dan raih impiahmu di sini!

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA