Kampus IT Terbaik di Bali, INSTIKI Bersama Indonesia Honeynet Project Gelar Webinar & Workshop Cyber Security Mengundang 15 Ahli Profesional

Webinar Cyber Security Nasional 2022

“Peningkatan Kemampuan Deteksi Dini dan Tanggap Insiden dalam Rangka Mencegah Kebocoran Data” menjadi tema yang diangkat dalam Webinar dan Workshop Cyber Security Nasional 2022, kolaborasi apik antara Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) bersama Indonesia Honeynet Project. Acara ini berlangsung 2 hari berturut-turut mulai dari Selasa (24/05/2022) – Rabu (25/05/2022) secara daring.

Didukung penuh oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM & APTIKOM Bali), acara ini berhasil menggaet 543 audiens dengan mengundang 15 ahli dan pakar profesional. Antusiasme positif audiens yang berasal dari pemerintahan, kepolisian, para profesional, UMKM, dan akademisi sangat terasa disepanjang acara!

Di hari pertama, Webinar Cyber Security diisi oleh para pembicara berpengalaman yakni Andi Yusuf, S.T., M.T dari BSSN, Dr. Yudi Prayudi selaku PUSFID UII – APTIKOM, Dr. Charles Lim, B.Sc., M.Sc dari Indonesia Honeynet Project, dan I. B. Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

“Peningkatan teknologi sejalan dengan peningkatan kejahatan siber,” tegas Andi Yusuf, S.T., M.T.

Andi Yusuf menyampaikan bahwa pembocoran dan penjualan data sensitif dimulai dari hack (proses peretasan data sensitif), Leak (penbocoran data), dan amplify (peningkatan tensi sosial publikasi). Tak luput dari pembahasan, Ia juga membagikan cara mutakhir bagi individu dan organisasi agar dapat terhindar dari kejahatan siber.

I. B. Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom, Dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) Menyampiakan Materi di Acara Webinar Cyber Security Nasional 2022

“Jangan ragu menggunakan teknologi, tapi bijaklah dalam menggunakannya! Pause, think, and act,” ujar I. B. Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom.

Sebagai sharing session teknologi terkini penanganan cyber security dalam mencegah cyber crime yang dimiliki oleh brand-brand ternama dunia, diundang pula Dede Carda dari Alcatel – Lucent Entreprise, Valdimo Hutahaean dari Acer Cyber Security Inc, Yogiswara selaku Head of Ignite PT Pijar Edukasi Teknologi, Dicky Septiharto selaku Systems Engineer Aruba, dan Wahyu C. Pamungkas selaku System Engineer Palo Alto Networks yang ikut mengisi Webinar Cyber Security.

Topik besar Cyber Security juga dibahas secara mendetail dan teknis melalui Workshop yang terdiri dari 10 materi yang dibagi menjadi 3 kelas dengan pemateri dari pakar profesional yakni Ryandy, S.Kom., B.Eng., M.Kom, Kalpin Erlangga Silaen, M.Kom, CISSP, ISO 27001 Lead Implementer, CEH, ECIH, ECSA, CHFI, Asep Abdurohman, S.T, Wahyu Catur Pamungkas, Yevonnael Andrew, S.T, dan Natalia Evianti.

“Sebagai wujud kampus kami yang concern terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, kami ingin memberikan tindak nyata dan sumbangsih terbaik sebagai kampus IT di Bali, salah satunya dengan terselenggaranya acara Webinar dan Workshop Cyber Security Nasional 2022 ini,” ujar I Dewa Made Khrisna Muku, S.T., M.T selaku Rektor INSTIKI.

I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom Selaku Ketua Panitia Webinar dan Workshop Cyber Security Nasional 2022 Menyampaikan Sambutannya

I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom selaku Ketua Panitia menyampaikan harapannya agar melalui webinar dan workshop ini, kesadaran dari masyarakat, organisasi, dan siapun pemilik dan pengelola data dapat lebih peduli sekaligus meningkatkan kemampuan deteksi dini kebocoran data melalui cyber security.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Kamu dapat mempelajari berbagai teknologi terbaru di kampus INSTIKI!

INSTIKI, kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA