Lakukan Ini Biar Gak Blank Pas Presentasi!

Lakukan Ini Biar Gak Nge-Blank Pas Presentasi!

Hi civitas INSTIKI! Kamu presentasi masih “aa… eeee…. aaa… e….” atau tiba-tiba nge-blank? Jika iya, yuk upgrade skill presentasimu bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Melihat pentingnya mengasah skill presentasi, INSTIKI sebagai kampus swasta terbaik di Bali telah merangkum tips biar kamu makin percaya diri ketika presentasi kapan pun dan di mana pun! Ini dia triknya!

Pakai Pola 5W+1H

Biar makin simple dan mudah dimengerti, susun presentasimu menggunakan teknik 5W+1H (What, Why, When, Where, Who, How). Teknik ini akan memudahkanmu sehingga nggak nge-blank lagi, jangan lupa buat desain presentasi yang to the point and eye-catching!

Jangan Menunjukan Ekspresi Panik!

Ekspresi seseorang ternyata sangat berpengaruh saat presentasi di depan umum. Tunjukan ekspresi yang meyakinkan, kontak mata ke audiens itu penting.

Tiba-tiba Nge-Blank Gimana?

Lempar Pertanyaan ke audiens soal pembahasan yang sudah kamu jelaskan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengulur waktu sambil me-refresh ingatan kamu, ada interaksi dengan audiens agar presentasi kamu nggak garing, misalnya “oke, sebelum dilanjutkan, siapa yang masih inget 3 poin yang saya jelaskan tadi?”

Storytelling

Ketika kamu lupa, kamu bisa kaitkan pembahasan dengan cerita pengalaman kamu yang relevan. Tetapi jangan sampai oversharing ya!

Dari semua trik di atas, yang paling penting adalah kamu harus menguasai materi yang ingin kamu sampaikan. Sebelum presentasi, yuk latihan presentasi dulu.

INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Dapatkan informasi dan tips menarik lainnya dengan mengakses Website INSTIKI.

INSTIKI merupakan kampus IT terbaik di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Latih soft skill dan hard skill-mu di INSTIKI. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA