Microstock: Cara Nambah Passive Income di Industri Kreatif

Mengenal Microstock, Cara Berpenghasilan di Industri Kreatif

Dewasa ini, industri kreatif berkembang dengan pesat. Adanya perkembangan teknologi menjadi salah satu pendukung saat anak muda berkarya di bidang industri kreatif seperti fotografi dan desain grafis.

Berpengahasilan dalam dunia kreatif dapat dikatakan berpeluang positif untuk digeluti anak muda. Penasaran gimana cara menambah penghasilan dalam bidang yang satu ini? Apa itu microstock? Simak artikel berikut ini!

Microstock? Apa Itu?

Istilah microstock mulai dikenal di tahun 2003. Microstock merupakan wadah bagi para pelaku industri kreatif untuk memasarkan dan menjual hasil karya mereka di internet sehingga dapat dijangkau di seluruh dunia.

Microstock memberlakukan sistem royalti yakni para designer, fotografer, dan pelaku industri akan mendapatkan sejumlah pembayaran dari pembelian ataupun saat ada yang menggunaan karya mereka.

Jika kamu mempunyai hobi atau passion dalam industri kreatif, microstock bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan penghasilan dengan cara yang cukup mudah. Sebuah karya kreatif digital yang tak memiliki wujud nyata dan hanya berbentuk file softcopy saja dapat memudahkan para pekerja kreatif untuk menjual karyanya ke seluruh belahan dunia sehingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Caranya Gimana?

INSTIKI sudah merangkum bagaimana cara kerja microstock diantaranya:

  • Kamu minimal harus mempunyai sebuah karya baik itu foto, video, audio dan lainnya dalam bentuk soft file.
  • Kamu wajib mendaftarkan diri pada sebuah situs microstock.
  • Agensi dari situs microstock akan meninjau hasil karyamu sebelum memberikan hak untuk mengunggah karya lain.
  • Jika disetujui kamu akan dapat hak mengunggah karyamu yang lain.
  • Karyamu yang sudah diupload akan dapat dilihat dan kemudian didownload oleh pengunjung situs microstock.
  • Dari setiap download tersebut nantinya kamu akan dapat keuntungan.

Kamu dapat mencoba microstock dengan mendaftar dan mengunggah karyamu di beberapa situs microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, 500px dan situs-situs microstock lainnya. Nah, Setelah mengenal microstock dan tahu cara kerja microstock. Apakah kamu tertarik untuk mencoba microstock? Atau mungkin kamu ingin belajar menjadi seorang pelaku industri kreatif? INSTIKI sebagai Kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara membuka jurusan TI – Desain Grafis dan Multimedia serta Jurusan Desain Komunikasi Visual yang bisa jadi langkah awal untuk kamu untuk berkarir di bidang industri kreatif.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA