Canggihnya Teknologi VR & AR di Dunia Bisnis

Canggihnya Teknologi VR & AR di Dunia Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Hi Civitas INSTIKI! Kamu pasti sudah akrab dengan teknologi yang satu ini. Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) menjadi teknologi yang mampu mempererat ikatan emosional pengguna di dunia maya. Mulai dari game, IG Story, bahkan konser, ramai menggunakan teknologi ini.

VR adalah teknologi yang dapat membuat interaksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau bahkan imajinasimu. Sedangkan AR adalah teknologi yang menggabungkan unsur-unsur digital di dunia nyata, contohnya seperti IG Story!

Teknologi VR dan AR banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk di bidang bisnis. Gimana sih jadinya jika teknologi ini diterapkan dalam bisnis? INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali akan menjelaskannya! Simak sampai selesai, ya!

Pengalaman AR yang Seru Abis!

Teknologi AR sering digunakan di media sosial seperti Instagram. Penggunaan teknologi ini dikembangkan dalam bentuk filter wajah yang mampu memberikan efek beragam. Filter wajah dapat digunakan dengan mudah hanya dengan mengandalkan kamera depan dari smartphone yang Anda miliki. Pengalaman AR individu ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis secara kreatif untuk memperkuat hubungan antara konsumen dengan brand.

Belanja Versi Digital dengan VR dan AR

Kamu dapat menggunakan teknologi AR untuk memudahkan konsumen mencoba produk yang kamu tawarkan. Dengan teknologi ini dapat mensimulasikan pengalaman belanja offline ke dunia digital sehingga bikin orang tertarik membeli produkmu. Pengalaman belanja konsumen Jadi makin seru dan menarik!

Contohnya adalah kacamata Ray-Ban Stories. Kacamata pintar ini dapat mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik, dan bahkan melakukan panggilan telepon. Kamu bisa memakai kacamata ini saat pergi ke konser untuk mengabadikan momen tanpa harus mengeluarkan smartphone-mu.

Pengalaman Virtual Kekinian

Sudah nggak asing dengan teknologi video call atau video call? Di era new normal ini, video call dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lebih nyata. Dalam hal ini, peluang VR dan AR juga dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi komunikasi lho. Misalnya, salah satu perusahaan ternama Disney telah memanfaatkan teknologi AR dalam video call. Teknologi ini mampu menciptakan dunia virtual dan membawa pengguna seolah-olah hadir dalam set film.

Dalam bisnis, kamu dapat memakai AR di situs resmi dan posting media sosial. Biasanya implementasi AR menggunakan fitur QR code atau link yang akan mengarahkan pengguna secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa membuat iklan digital dengan bantuan AR seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Facebook. Branding bisa dilakukan melalui campaign yang lebih menarik dengan bantuan efek dari AR!

Peluang teknologi VR dan AR dalam bisnis sangat besar untuk menyatukan konsumen, menghilangkan jarak, dan menciptakan rasa kehadiran yang lebih inklusif, lho!

Tertarik mempelajari teknologi canggih seperti ini? Sudah waktunya kamu ikut serta memanfaatkan teknologi mutakhir AR dan VR. INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Kamu dapat mempelajari berbagai teknologi terbaru di kampus INSTIKI!

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA