IT Consultant: Profesi Menjanjikan Buat Lulusan S1 Sistem Komputer

IT Consultant, Profesi Menjanjikan Buat Lulusan IT

Bekerja di bidang IT kian diminati oleh kalangan muda. Makin diperlukannya tenaga IT dalam pengembangan bisnis membuat banyak sekali perusahaan ingin merekrut lulusan IT untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Salah satu profesi yang diperlukan perusahaan saat ini adalah IT consultant. Bekerja sebagai IT consultant terbilang memiliki prospek yang sangat cerah untuk masa depannmu.

Profesi IT Consultant, Kerjaannya Ngapain Aja?

Dengan semakin berpengaruhnya teknologi informasi maka diperlukan orang-orang yang tidak hanya mengerti teknis namun juga konsep dan penggunaan teknologi informasi. Di sinilah diperlukannya seorang IT consultant.

IT consultant bekerja sebagai jembatan antara tim teknis dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis client. Profesi IT consultant di Indonesia bisa dikatakan masih asing ditelinga orang Indonesia, namun siapa sangka pekerjaan yang satu ini punya prospek cerah kedepannya. Profesi ini menawarkan gaji yang patut untuk diperhitungkan sekaligus banyak dicari perusahaan-perusahaan besar.

Seorang IT Consultant bekerja secara partnership dengan client, tugasnya memberi saran pada client tentang pemakaian IT untuk memenuhi target bisnis ataupun membantu problem solving dari masalah client. Selain terlibat dalam partnership dengan client, Seorang IT Consultant juga terlibat dalam berbagai aktivitas perusahaan lain seperti marketing, manajemen project, customer relationship management (CRM), dan pengembangan sistem perusahaan.

Apa Saja Skill Wajib Seorang IT Consultant?

Setelah membaca hal tadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi IT Consultant? Menjadi seorang IT Consultant tentu saja perlu skill untuk mendukung pekerjaannya. Lalu apa saja sih skill yang diperlukan? Selain kemampuan komunikasi yang baik, seorang IT Consultant juga wajib menguasai keterampilan dan pengetahuan ini!

  • Menguasai pengetahuan dan keahlian di bidang komputer dan pemrograman.
  • Kemampuan analisis dan evaluasi sistem sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi permasahan yang ada.
  • Punya keahlian di bidang manajemen yang baik.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan masalah dan solusi yang ditawarkan kepada klien. kemampuan ini juga akan berguna dalam menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan klien.
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas.

Nah, Skill tadi bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di kampus IT terbaik di Bali yakni INSTIKI. Berkuliah dengan Program Studi Sistem Komputer di INSTIKI bisa jadi satu langkah awal bagi kamu untuk jadi seorang IT Consultant.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA