Berlangsung Hikmat! INSTIKI Rayakan Hari Raya Saraswati

INSTIKI Rayakan Hari Raya Saraswati

Untuk memperingati turunnya ilmu pengetahuan dalam ajaran Hindu, INSTIKI menggelar rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Raya Saraswati yang jatuh pada Sabtu (26/03/2022). Bertempat di Kampus INSTIKI, kegiatan ini berjalan dengan hikmat dan penuh dengan rasa kekeluargaan sesama Civitas Akademika INSTIKI.

Rangkaian Hari Raya Saraswati diawali pada Jumat (25/03/2022) sebagai langkah persiapan menyambut Hari Raya Saraswati yakni dengan Mebat (membuat Lawar, Sate khas Bali, dan persiapan upacara agama) yang dilakukan oleh Civitas Akademika INSTIKI. Tak kalah seru, diselenggarakan pula Lomba Gebogan yang diikuti oleh ormawa-ormawa INSTIKI!

Persembahyangan Bersama Civitas Akademika INSTIKI

Sabtu (26/03/2022), Hari Raya Saraswati berjalan hikmat dengan diselenggarakannya persembahyangan bersama Civitas INSTIKI sekaligus Upacara Upanayana untuk mahasiswa-mahasiswi baru INSTIKI. Upanayana ini adalah bentuk pembersihan diri agar dapat menerima pengetahuan dengan sebaik-baiknya.

Selain rangkaian utama tersebut, Hari Raya Saraswati juga dimeriahkan dengan Tari Rejang Dewa, Tari Topeng Keras & Jauk Manis, Tari Rejang Renteng yang langsung ditampilkan oleh Dosen, Staff, dan Mahasiswa INSTIKI. Tentunya kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Tari Topeng Keras & Jauk Manis

Wakil Rektor II INSTIKI, I Nyoman Agus Suarya Putra, M.Sn menyampaikan tujuan diselenggarakan Hari Raya Saraswati ini adalah sebagai proses pendidikan di hari turunkan ilmu pengetahuan, membangkitkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk manifestasi sebagai Dewi Saraswati sebagai Dewi Pengetahuan, meningkatkan kreatifitas mahasiswa tentunya dalam budaya melalui kegiataan perlombaan, tarian, gamelan, hingga masak bersama yang disebut dengan mebat.

“Tahun lalu Hari Saraswati dilakukan tidak semeriah hari ini. Karena masa pandemi sudah masuk ke level yang lebih rendah, maka prosesnya atas ijin desa adat dan pihak terkait, dilaksanakan lebih meriah daripada sebelumnya.”

“Peserta kali ini mengikutsertakan dari mahasiswa-mahasiswa baru dalam acara Upanayana. Dengan adanya berkat dari Sang Hyang Saraswati diharapkan dapat melaksanakan pendidikan dengan baik sehingga nantinya pendidikan dapat berjalan secara lancar, tepat waktu, dan berdampak baik terhadap mahasiswa dan institusi,” lanjutnya.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA