Jangan Tunggu Tua, Yuk Melek Finansial Bareng INSTIKI!

Jangan Tunggu Tua, Yuk Melek Finansial Bareng INSTIKI!

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2019 menyimpulkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan mencapai 76,19%. Ini menunjukkan masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan, padahal di zaman seperti sekarang ini sangatlah penting Melek Finansial.

Kamu Sudah Melek Finansial?

Literasi keuangan alias melek finansial menjadi keterampilan yang penting yang harus dimiliki setiap orang, termasuk buat kamu yang sedang Kuliah di Bali yakni di INSTIKI. Apalagi buat kamu yang dengan Kuliah sambil Kerja di Bali, kamu perlu paham hal ini agar gajimu nggak numpang lewat saja!

Melek finansial adalah kemampuan mengelola finansial agar bisa mencapai kesejahteraan hidup yang direncanakan. INSTIKI sebagai kampus IT di Bali punya informasi penting biar kamu makin melek finansial, nih! Apa saja itu? Simak berikut ini!

Belajar Keuangan Bisa di Mana Saja!

Selain dari buku, yuk mulai perbanyak wawasan keuanganmu melalui media sosial. Media sosial yang biasanya dipakai untuk sekadar bersenang-senang saja, kini kamu dapat memperoleh berbagai informasi terkini tentang finansial di media sosial lho!

Mulailah manfaatkan media seperti YouTube, Instagram, TikTok, Podcast seoptimal mungkin. INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali punya beberapa rekomendasi channel atau akun yang bisa bikin kamu makin melek finansial, salah satunya seperti Felicia Putri Tjiasaka. Felicia adalah Content Creator Investment Storyteller sekaligus Co-Founder of Financial Edutech Ternak Uang, Felicia memberikan edukasi finansial secara menarik dan p sederhana ala anak muda melalui media sosialnya (Instgaram: @feliciaputritjiasaka, YouTube: Felicia Putri Tjiasaka, TikTok: felicia.tjiasaka).

Selain itu ada pula Raymond Chin, CEO & Co-Founder Ternak Uang ini membagikan informasi berbagai topik seru seputaran finansial yang ditujukan untuk anak muda Indonesia (YouTube: Raymond Chin, Instagram: @raymondchins). Tak kalah seru, ada Channel YouTube Ngomongin Uang yang bisa bikin kamu makin “ngerti duit!”

Buat Rencana Keuangan

Jika biasanya keuanganmu berjalan tanpa rencana yang berakibat uangmu habis tak tersisa atau sampai-sampai harus berhutang, di sinilah perlunya membuat perencanaan keuangan. Sudah saatnya kamu merencanakan tujuan keuanganmu, yang mana termasuk kebutuhan dan yang mana termasuk keinginan, buatlah prioritasmu, catat pemasukan dan pengeluaran!

Catat Pemasukan dan Pengeluaranmu!

Ini adalah hal yang penting agar kamu bisa tahu kemana saja uangmu dihabiskan.  Mulailah mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Untuk memudahkan proses pencatatan ini, kamu tak perlu lagi mencatat secara manual menggunakan kertas dan pulpen, dewasa ini sudah banyak tersedia aplikasi mobile untuk memudahkan pencatatan sekaligus menghitung secara otomatis pemasukan dan pengeluaranmu dengan hanya mengandalkan smartphone saja, gampang banget!

Mulai Belajar Investasi

Biar uangmu tidak hanya menganggur dalam bentuk tabungan ataupun dipakai untuk foya-foya saja, yuk mulai belajar investasi! Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba seperti di bawah ini!

Deposito

Deposito adalah produk investasi dari perbankan yang berisiko rendah. Deposito memiliki jangka waktu simpanan yang bervasiasi dimulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan lainnya.

Obligasi

Obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh piutang untuk diperjual-belikan kepada masyarakat. Masyarakat yang membeli obligasi ini berarti telah meminjamkan sejumlah dana untuk dikelola agar menghasilkan keuntungan.

Emas

Emas adalah instrumen investasi yang mudah dijumpai di masyarakat. Produk investasi ini telah ada sejak zaman dahulu dan masih eksis sampai sekarang. Pasalnya, emas selalu memberikan keuntungan yang pasti dalam waktu yang panjang. Kamu tertarik berinvestasi emas?

Reksa Dana

Reksa dana adalah produk investasi dengan sejumlah uang yang diinvestasikan akan dikelola oleh manajer investasi hingga mendapatkan keuntungan. Dengan reksa dana, investor tak perlu memikirkan pengelolaannya. Sehingga reksa dana menjadi pilihan jenis investasi untuk pemula.

Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

Fintech Peer to Peer (P2P) Lending adalah proses menanamkan modal pada UMKM Indonesia atau usaha lainnya. Investor mendapatkan profit dari bagi hasil atas keuntungan usaha.

Saham

Hampir semua orang mengenal saham, investasi ini cukup populer belakangan ini. Saham adalah bukti kepemilikan dari suatu aset dalam bentuk dokumen berharga. Jenis saham beraneka ragam, mulai dari jangka pendek hingga panjang. Risiko saham sangat tinggi namun sebanding dengan keuntungannya yang akan didapat.

Itulah informasi menarik yang INSTIKI berikan agar kamu lebih melek finansial. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Telah bertransformasi dari STIKI Indonesia menjadi INSTIKI, kini INSTIKI membuka 4 program studi unggulan (Jurusan INSTIKI) yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik belajar tentang finansial lebih banyak lagi? Dapatkan informasi lebih lengkap dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA