Pelajari 4 Kesalahan Ini Saat Membangun Startup

Pelajari 4 Kesalahan Ini Saat Membangun Startup

Civitas Akademika INSTIKI yang sedang membangun bisnis startup wajib tahu kesalahan-kesalahan yang sering dialami saat membangun sebuah startup. Orang-orang kerap melakukan kesalahan di awal pendirian startup, inilah yang membuat startup sulit untuk berkembang dan akhirnya gulung tikar.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, kamu yang sedang kuliah di Bali di INSTIKI ataupun kamu yang sedang mengembangkan satartup wajib banget simak artikel kesalahan saat membangun startup ini!

Tidak Punya Perencanaan yang Matang

Sebuah startup akan sulit berkembang apabila tidak punya perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan ini, bisnismu akan berjalan di dalam kegelapan dan hilang arah.

Sebelum hal tersebut terjadi, penting untuk membuat rencana yang matang mulai dari identitas perusahaan dan visi misi, gambaran bisnis, target pasar, rencana pemasaran, keuangan, operasional, sumber daya manusia (SDM), dan lain sebagainya.

Tidak Paham Target Pasar

Kesalahan umum lainnya adalah tidak paham target pasar yang disasar. Jika kamu kurang memahami pasar yang dituju, produk yang kamu kembangkan bisa saja berakhir sia-sia karena tidak sesuai dengan pasar yang dituju.

Cobalah untuk melakukan riset pasar dan pelajari lebih dalam pasar yang sesuai dengan produkmu. Dengan melakukan riset dan analisa pasar, kamu bisa mengetahui reaksi pasar terhadap produk startup-mu sekaligus jangkauan bisns startup-mu.

Startup tak sekadar CEO atau Founder Saja!

Berbicara mengenai startup tentu tak hanya mengenai CEO ataupun founder saja. Startup terdiri dari kumpulan orang-orang kreatif yang saling berinovasi menciptakan ide-ide dalam mengembangkan sebuah startup.

Karena menjalankan sebuah startup tidak bisa sendirian maka diperlukan ahli-ahli yang kompeten dalam bidang sebuah posisi. Jangan sampai salah merekut orang ya!

Kurang Bijak Mengatur Keuangan

Tak jarang ditemui startup tidak dapat mengatur keuangan perusahaannya sehingga berakibat kerugian. Inilah pentingnya perencanaan keuangan dan kerangka finansial untuk startup-mu.

Selain itu merapikan pencatatan keuangan juga menjadi hal penting sehingga dapat dipakai sebagai sumber data yang valid dalam mengambil keputusan, membantu mengetahui yang mana yang lebih dibutuhkan dan yang mana tidak dibutuhkan, dan mengetahui bagaimana kondisi startup-mu.

Itulah kesalahan-kesalahan yang sering kali dilakukan oleh startup yang dapat kamu pelajari agar bisnismu dapat berjalan lancar dan berkembang pesat.

Sebagai kampus IT di Bali dan kampus swasta di Bali, INSTIKI akan selalu memberikan tips-tips menarik dan informatif sehingga kamu dapat menjadi entrepreneur sukses dalam membangun startup-startup ciptaan anak bangsa. Pelajari berbagai ilmu dan tips itu melalui sumber terpercaya di website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA