Artspirasi 7, Kolaborasi 3 UKM INSTIKI untuk Bangkitkan Jiwa Melalui Seni

Pemenang Lomba Ilustrasi Artspirasi 7

Kolaborasi dari 3 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), yaitu Gradasi, Lingkaran Film, dan STIKI Photography Community (SPC) sukses menggelar acara Artspirasi 7 pada Senin (07/02/2022) hingga Minggu (13/02/2022).

Gelaran Artspirasi tahun ini mengusung tema “Bangkit Melalui Seni”. Ketut Kaywa Putra sebagai Ketua Panitia Artspirasi 7 mengungkapkan bahwa tema ini diambil dari situasi pandemi yang masih terjadi saat ini. “Dari situasi sekarang ini, kita berpikir cara untuk bisa bangkit melalui seni. Kita membangkitkan suasana dan jiwa kita melalui seni yang kita produksi sendiri,” jelas Kaywa.

“Kalau tahun lalu temanya itu healing, istirahat. Setelah kita istirahat, kita bangkit. Jadi temanya ini nyambung dari tahun lalu,” tambahnya.

Rangkaian acara Artspirasi 7 dilaksanakan selama seminggu, dimulai dari pembukaan yang dilaksanakan pada Senin (7/2/2022) di Aula Kampus INSTIKI, kemudian disambung dengan dua webinar dari UKM Lingkaran Film dengan pembicara Yudist Ardhana dan SPC dengan pembicara Man Buntur pada hari yang sama.

Yudist Ardhana Sebagai Pembicara Artspirasi 7

Selanjutnya pada Selasa (8/2/2022) berlangsung Lomba Ilustrasi Artspirasi 7 yang. Lomba ini tidak hanya diikuti mahasiswa yang kuliah di Bali di INSTIKI saja, tetapi juga dari beberapa daerah lain seperti Bogor dan Palembang. Juara I diraih oleh Salsabila Mifta Hafizah, Juara II diraih oleh Adhistya Sedana, Juara III diraih oleh Angela Vera Herman Efendi, dan Harapan I diraih oleh Bayu Samudra. Selamat kepada para pememang!

Pada Rabu (9/2/2022) dilaksanakan webinar dari UKM Gradasi yang mengundang Griets A. Sinaga sebagai pembicara. Acara terakhir adalah pameran yang diadakan mulai Sabtu (12/2/2022) hingga Minggu (13/2/2022) di Haluan Coffee, Denpasar. Pameran ini menampilkan hasil karya seni dari anggota UKM yang berpartisipasi dalam acara Artspirasi, seperti ilustrasi dan foto-foto. Pameran Artspirasi kali ini pun membawa konsep yang lebih unik dari sebelumnya, yaitu konsep underground. Konsep ini diakui Ketut Kaywa Putra sebagai Ketua Panitia Artspirasi 7 memiliki resiko yang lebih tinggi, karena konsep underground terbilang cukup sulit dipahami. “Kita mencari solusi agar kita lebih mendapat feel underground-nya. Misalnya seperti properti di lokasi atau nuansa warna bangunan di sini,” ujar Kaywa.

Pameran Artspirasi tidak hanya memuat karya dari mahasiswa INSTIKI saja, beberapa kampus lain juga diajak untuk memamerkan karyanya pada pameran ini. “Kami juga berusaha untuk berkolaborasi bersama beberapa kampus lain seperti IDB, Udayana, ISI, dan STIKOM untuk turut berpartisipasi memajang karyanya di sini,” tambah I Wayan Arta Gunarsa sebagai Wakil Ketua Panitia Artspirasi 7. Pameran Artspirasi terbuka untuk umum mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WITA. Selain pameran karya, pada Minggu (13/2/2022) juga berlangsung penutupan Artspirasi yang dimeriahkan oleh penampilan dari beberapa UKM di INSTIKI, yaitu TETRIS, UKM Dance dan UKM Musik & Vocal.

“Kesan tentang acara Artspirasi 7 memuaskan sih, udah bagus banget, melebihi ekspektasiku di awal. Harapanku untuk Artspirasi selanjutnya agar bisa lebih bagus dari yang sebelumnya, berusaha semaksimal mungkin dan jangan terlalu berpikir yang enggak-enggak dulu. Kita harus tetap optimis bagaimana pun acara kita, karena kita tidak sendiri, susah senang akan kita lalui bersama,” ujar Kaywa selaku ketua panitia saat diminta pendapatnya mengenai kesan dan pesan pada pameran Artspirasi 7, Minggu (13/2/2022).

Sebagai kampus it di Bali, INSTIKI akan selalu mengadakan kegiatan untuk menunjang kreatifitas mahasiswa termasuk di bidang seni, nih! INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali memiliki beragam UKM yang dapat diikuti sehingga dapat meningkatkan soft skill dan hard skill-mu seperti UKM Gradasi, Lingkaran Film, dan STIKI Photography Community (SPC). Jika kamu ingin kuliah sambil kerja di Bali, INSTIKI-pun akan sangat mendukung mahasiswanya mengembangkan karir sekaligus pendidikan dalam satu waktu!

Penulis: Anak Agung Ngurah Mertha Jaya

Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA