Wajib Ngerti Marketing Mix, Biar Bisnismu Makin Laris!

DSC03763
Wajib Ngerti Marketing Mix, Biar Bisnismu Makin Laris!

Sebagai mahasiwa INSTIKI, kamu wajib banget paham marketing mix, nih! Marketing mix adalah elemen marketing yang dipakai buat mencapai target marketing secara optimal. Marketing mix ini pun banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar lho! Saat kamu ingin membangun dan mengembangkan bisnismu sendiri, marketing mix menjadi bagian penting yang wajib kamu terapkan dalam bisnis!

Penasaran ingin belajar marketing mix lebih dalam lagi? Biar bisa paham, kamu wajib banget simak artikel yang disusun oleh INSTIKI ini!

Marketing Mix?

Marketing mix adalah elemen marketing yang dipakai buat mencapai target marketing di pasar yang sudah ditetapkan. Istilah ini diperkenalkan pertama kali di tahun 1948 oleh Neil Borden. Ia adalah seorang profesor marketing di Harvard.

lalu di tahun 1960, Jerome McCarthy mengenalkan empat variabel utama dalam marketing mix, yaitu product, price, place, dan promotion. Strategi marketing ini efektif dan dapat dijalankan oleh bisnis baru maupun usaha yang udah lama ada. Hingga saat ini terdapat tujuh elemen pada marketing mix.

Elemen Marketing Mix

Product

Produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen sesuai permintaan pasar. Bentuknya bisa berupa barang, jasa, ataupun produk virtual. Yang penting di dalam merancang suatu produk, kamu dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dialami konsumen yang ingin kamu incar.

Price

Setelah mengetahui produk apa yang ingin kamu buat, kamu juga harus menentukan harga dari produkmu, nih!

Place

lokasi tempat menjalankan bisnis atau tempat distribusi buat menjangkau target pasar juga menjadi hal yang penting lho. Sederhananya, ini merupakan tempat ideal buat jualan produk agar mudah dijangkau pembeli.

Promotion

Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam elemen marketing mix. Kamu dapat mempromosikan produkmu dengan berbagai cara sesuai target market yang kamu incar.

Physical Evidence

Artinya bukti fisik. Nggak cuma terbatas di produk fisik aja. Tapi wujudnya bisa berupa logo, brosur, dan souvenir. Bisa juga layanan customer service, website resmi, seragam karyawan, hingga event. Jadi, konsumen bakal semakin yakin buat beli produk kamu.

People

SDM atau sumber daya manusia merupakan aset bisnis yang paling memegang peranan penting. Jadi, pilih SDM dengan benar-benar tepat untuk bisnismu ya!

Process

Proses adalah mekanisme atau alur buat konsumen agar bisa menggunakan layanan dari bisnismu. Sederhananya, proses adalah pengalaman seorang konsumen mulai dari kenal produk kamu sampai membeli produkmu.

Nah, setelah mengetahui elemen-elemen di atas, sekarang tinggal menjalankan dan menerapkan ke tujuh elemen ini nih!

Strategi marketing mix ini bisa bikin bisnismu yang lebih efektif dan berkembang lebih pesat lagi. Bagi kmau yang kuliah di Bali di INSTIKI, jangan lupa untuk menerapkan tips ampuh di atas ya!

PENGUMUMAN LAINNYA