Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

DSC04086
Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Di bulan Februari ini, cuaca sering kali sulit untuk diprediksi. Terkadang di pagi hari hujan deras, namun pada siang hari, panas terik. Karena musim pancaroba ini  sulit untuk diprediksi, mengakibatkan banyak orang sering terkena flu dan daya tahan tubuh melemah.

Untuk meminimalisir akibat dari musim pancaroba, INSTIKI mempunyai beberapa tips ampuh agar badan kamu tetap fit melewati musim yang satu ini.

Yuk, simak Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba!

Makanlah Makanan Bergizi

Pejuang sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan makanan yang baik untuk melawan musim yang tak menentu. Oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Dilansir dari Harvard Medical School, para ilmuwan juga telah lama mengakui bahwa orang yang hidup dalam kemiskinan dan kurang gizi akan lebih rentan terhadap penyakit menular. Mulai sekarang, kamu wajib banyak makan sayuran dan buah, serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak.

Minum Air yang Cukup

Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus menjaga konsumsi cairan harianmu. Jangan sampai kamu kurang cairan nih, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari.

Tidur Itu Penting!

Menurut Harvard Health, salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Itu berarti kamu harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 persen. Wahh… Gimana nih? Jangan lupa tidur yang cukup ya!

Jangan Lupa Olahraga

Tanpa kita sadari, olahraga ternyata punya peran penting untuk menjaga kekebalan tubuhmu nih! Bagi kamu yang sedang kuliah online di INSTIKI, ada banyak cara simple agar kamu dapat berolahraga di masa pandemi sekaligus di musim pancaroba ini, seperti cardio, push-p, burpe, lunges, dan masih banyak sekali.

Hindari Stress

Stres juga punya berpengaruh besar bagi sistem kekebalan tubuhmu lho! Memang stress tak bisa dihindarkan, namun kamu dapat belajar mengelola stress agar tidak sampai berlarut-larut.

Untuk mengatasi stress ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti mencari jalan keluar atas permasalahan yang sedang kamu alami, atau coba lakukan hal-hal yang bisa buat kamu rileks, seperti membaca, meditasi, yoga, mendengarkan musik, makan makanan yang kamu suka, menonton, bermain dengan hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

Jaga Kebersihan Ya

Setelah melakukan tips di atas, jangan lupa juga tetap menjaga kebersihan diri dan lingkunganmu ya. Ini tentu akan dapat mempengaruhi kekebalan tubuhmu juga, seperi selogan ‘bersih pangkal sehat.’

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba ini!

PENGUMUMAN LAINNYA