Tips Fasih Berbahasa Asing Ala Dewa Putu Yudhi

Dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), Dewa Putu Yudhi Ardiana, M.Pd.

Di era global seperti sekarang ini, bahasa asing menjadi hal yang wajib untuk dikuasai oleh generasi muda, tak terkecuali untuk Civitas Akademika INSTIKI. Dengan menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, ini dapat membuka peluang masa depan yang lebih cerah dan koneksi yang lebih luas.

Dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), Dewa Putu Yudhi Ardiana, M.Pd menyampaikan kalau mempelajari sekaligus menguasai bahasa asing itu sangatlah penting dalam menunjang karir.

“Menguasai bahasa asing itu penting banget, kalau ngomongin Bahasa Inggris itu sangat penting. Hal ini penting karena yang pertama adalah koneksi, tanpa kita sadari kita adalah makluk sosial, kalau kita ingin sukses, ya network kita harus luas,” tegas Dewa Yudhi.

Jika kamu ingin memperluas network, salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Namun tak dapat dipungkiri, menguasai Bahasa Inggris ternyata tak segampang yang dipikirkan.

Mulai dari belajar writing, listening, hingga speaking itu terasa begitu sulit untuk dilakukan. Lantas, bagaimana caranya agar dapat fasih berbahasa asing salah satunya Bahasa Inggris?

Dewa Yudhi yang ditemui pada Selasa (08/02/2022) memberikan tips agar dapat menguasai bahasa asing dengan cepat. Ini dia caranya!

Jangan Malu untuk Dikoreksi

“Yang menghalangi kita bisa berbahasa asing itu bukan karena tidak mampu, tetapi karena kita malu untuk salah dan malu dikoreksi,” ucap Dewa Yudhi.

Terkadang banyak anak muda yang takut untuk praktik English speaking karena malu saat terlihat salah dalam penyebutan grammar dan malu untuk dikoreksi orang lain. Ini adalah salah satu problematika yang menghalangi kita untuk belajar Bahasa Inggris.

Cara sederhana untuk menyelesaikan permasalahan ini, kita dapat mencari trainner Bahasa Inggris dengan mengikuti les atau teman ngobrol ‘English speaking’ yang tepat agar dapat belajar speaking ataupun lainnya tanpa merasa malu ataupun di-judge negatif oleh orang yang kurang tepat.

Apabila kamu mendapatkan koreksi ataupun feedback dari orang lain, ini dapat dijadikan refleksi diri agar kedepannya bisa memperbaiki diri. Namun, jangan sampai bikin kamu badmood dan jangan dimasukkan ke dalam hati ya!

Belajar dengan Nonton Film

“Dengarkan lagu dan nonton film itu bisa melatih skill Bahasa Inggrismu. Baca artikel berbahasa Inggris juga bisa membantu agar fasib berbahasa Inggris,” ucap Dewa Yudhi.

Ada banyak cara menyenangkan untuk melatih skill Bahasa Inggrismu sehingga bisa sefasih native speaker lho. Jika kamu suka menonton film, kamu dapat menonton film berbahasa Inggris dan jangan lupa tambahkan subtitle Bahasa Inggrisnya. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa bikin kamu makin fasih berbahada Inggris nih!

Kamu suka membaca buku namun merasa bosan membaca buka Bahasa Inggris yang isinya sangat membosankan itu? Biar gak bosen, kamu dapat membaca artikel ringan sesuai hobi dan passion-mu atau membaca novel favoritmu yang berbahasa Inggris, nih!

Nah, itulah beberapa tips yang diberikan oleh Pak Dewa Yudhi biar kamu bisa makin fasih berbahasa asing. Bagi kamu yang sedang kuliah di Bali di INSTIKI wajib banget terapkan tips di atas!

PENGUMUMAN LAINNYA