Sering Dipakai untuk Iklan, Ini Dia Macro Photography

Macro Photography (Sumber: techradar.com)

Siapa nih STIKIzen yang mengambil program studi Teknik Informatika dengan konsentrasi Desain Grafis dan Multimedia? Kamu yang mengambil jurusan ini wajib tahu salah satu teknik fotografi yang sangat penting dalam bidang kreatif ini, yakni macro photography.

Macro photography terbilang memiliki keunikan tersendiri dibanding teknik lainnya. Teknik ini sering dipakai untuk pemotretan iklan di majalah, media sosial, dan lainnya. Mau tahu bagaimana tips membidik menggunakan macro photography? Simak artikel berikut ini!

Apa Itu Macro Photography?

Macro photography merupakan teknik fotografi yang pengambilan gambarnya memotret objek dengan jarak yang sangat dekat. Macro photography akan dapat menampilkan foto secara detail dan terpusat kepada objek yang dituju.

Objek yang diambil dalam jepretan macro photography sebetulnya dapat berupa apa saja, dari mulai makluk hidup sampai benda mati dapat dijadikan objek yang menarik. Contohnya seperti perhiasan, produk, bunga, dedaunan, bisa dibidik dengan teknik macro photography.

Alat untuk Membidik Macro Photography

Untuk dapat membidik dengan teknik yang satu ini agar mendapatkan hasil yang ciamik, kamu tentu memerlukan kamera. Kamera yang digunakan boleh memakai merek apa saja sesuai dengan budgetmu!

Hal yang paling penting saat ingin memotret dengan teknik ini adalah lensa yang dipakai. Jika kameramu belum memiliki fitur makro, kamu memerlukan lensa makro khusus. Lensa tipe ini umumnya memiliki perbesaran 1:1 atau yang lebih dari itu. Akan tetapi, untuk memiliki lensa makro, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam, karena harganya yang lumayan mahal. Walaupun demikian, memotret makro cukup digandrungi di kalangan fotografer loh. Dengan menggunakan lensa makro, kamu bisa melakukan eksperimen dalam memotret makhluk hidup atau benda mati secara detail. Hasilnya dijamin ciamik, STIKIzen.

Tips Buat STIKIzen!

Jika kamu tertarik dengan macro photography, STIKI Indonesia sebagai kampus IT di Bali dan Kampus swasta di Bali punya tips menarik untuk kamu yang punya ketertarikan di teknik fotografi yang satu ini.

Untuk hasil yang lebih optimal, pakailah lensa makro. Memang harganya cukup menguras kantong, namun lensa ini sangat worth it untuk dibeli.

Sesuaikan background foto agar tidak bentrokan dengan objek foto yang ingin dibidik.

Pilihlah objek foto yang sesuai dengan konsep yang ingin kamu buat.

Salah satu hal penting dalam memotret adalah pencahayaan. Saat memotret makro, disarankan kondisi pencahayaan dalam keadaan pas, tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang.

Nah, hal-hal ynag perlu kamu ketahui tentang macro photography. Kamu yang lagi kuliah di Bali di STIKI Indonesia bisa banget dicoba tips di atas!

PENGUMUMAN LAINNYA