Gubernur Bali Minta STIKI Indonesia Ikut Membantu Kearifan Lokal Melalui Teknologi

Pemerintah Provinsi Bali kembali menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022 yang mengusung tema “Danu Kerthi: Gitaning Toya Ening.” Bulan Bahasa Bali ini adalah program prioritas Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan pemajuan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Kali ini, STIKI Indonesia diundang oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk ikut serta dalam Pameran Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022. Selama sebulan penuh, STIKI Indonesia sebagai kampus IT di Bali akan menampilkan karya-karya inovasi Civitas Akademika STIKI Indonesia di acara Pameran Bulan Bahasa Bali ini.

 

IMG_8095
Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M Mengunjungi Pameran Karya Inovasi Teknologi STIKI Indonesia di Acara Pameran Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022

Tepat pada Selasa (01/02/2022), Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M yang bertempat di Aula Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar. Setelah acara pembukaan tersebut, Wayan Koster mengunjungi pameran karya inovasi teknologi STIKI Indonesia.

Karya-karya dosen dan mahasiswa STIKI Indonesia yang ditampilkan dalan Pameran Bulan Bahasa Bali adalah PaTik Bali alias Papan Ketik Aksara Bali Virtual, aplikasi transliterasi Aksara Latin ke Aksara Bali yang bernama Nulis Bali, game berbasis mobile yang dinamai Teka-teki Silang Bahasa Bali, serta masih banyak lagi.

Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M menyampaikan bahwa rangkaian Bulan Bahasa ini untuk memperkuat nilai-nilai kearifan lokal Bali. Tidak hanya menjaga, namun juga mengembangkan teknologi digital sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

“Dengan adanya penyelenggaraan Bulan Bahasa ini yang diisi dengan pameran dan di dalamnya ada produk teknologi tentu membuat kearifan lokal Aksara Bali dapat hidup, teknologi juga berkembang,” tutur Wayan Koster.

IMG_8172
STIKI Indonesia Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Bali

Menurut Wayan Koster, Aksara Bali akan semakin eksis dikalangan generasi muda karena diwadahi dengan sarana yang sesuai dengan perkembangan jaman saat ini seperti yang ditampilkan oleh STIKI Indonesia, Universitas Udayana, dan Bali Wiki.

Wayan Koster juga menyampaikan apresiasinya kepada STIKI Indonesia karena telah berkontribusi mengembangkan teknologi dalam pelestarian Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

“Kedepan kita harus mendorong terus generasi muda agar terus menekuni Aksara Bali dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital,” lanjutnya.

Ketua Pameran Bulan Bahasa Bali IV STIKI Indonesia, Dewa Putu Yudhi Ardiana, S.Kom., M.Pd menyampaikan bahwa dengan mengikuti pameran ini, STIKI Indonesia ikut berkontribusi dalam pelestarian budaya Bali menggunakan teknologi.

“Dari teknologi-teknologi yang telah dikembangkan oleh STIKI Indonesia, selain dapat melestarikan budaya Bali, juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” lanjut Dewa Putu Yudhi Ardiana.

Bagi kamu yang tertarik untuk melihat lebih dalam lagi terkait inovasi di bidang teknologi sekaligus mengangkat budaya Bali oleh Civitas Akademika STIKI Indonesia, kamu dapat mengunjungi stand STIKI Indonesia di Gedung Kriya, Art Centre, Denpasar sampai tanggal 28 Februari 2022.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Yuk raih impianmu Bersama INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA