Sense of Progress untuk Percepat Penyelesain Tugas Akhir Ala Agung Ariana

Pernah merasakan kesulitan saat mengerjakan tugas akhir? Atau merasa gagal dalam menggapai impian? Jika jawabannya iya, berarti kamu perlu memahami lebih dalam mengenai “Sense of Progress.”

Dosen INSTIKI, Anak Agung Gede Bagus Ariana, S.T., M.T atau yang akrab dipanggil Pak Agung Ariana berbagi cerita tentang mahasiswanya yang kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir, ketika harus memvisualisasikan ide karya mereka ke dalam tiga bab proposal.

“Selama hampir dua bulan, mahasiswa bimbingan saya mengalami kesusahan dalam menyelesaikan tugas akhirnya,” tutur Agung Ariana.

“Tiba-tiba saja mahasiswa tersebut berkata ingin mengulang saja semester depan karena ada pekerjaan lain yang menjadi prioritasnya. Saya melihat mahasiswa ini di awal semester memiliki motivasi untuk menyelesaikan seminar yang cukup baik, namun motivasi di awal saja tentunya tidak cukup, kita tidak bisa lepas dari komitmen dan juga tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas kita,” lanjutnya.

Sepenggal cerita di atas sepertinya sangat akrab dengan mahasiswa tingkat akhir yang kuliah di mana pun termasuk kuliah di Bali di INSTIKI, apa kamu juga salah satu yang pernah mengalaminya?

Jika iya, kamu jangan sampai menyerah di tengah jalan ya. Mengerjakan tugas akhir memang pekerjaan yang sangat menantang dan memerlukan konsentrasi penuh. Tetapi satu hal yang perlu kamu tahu, tidak ada yang tidak mungkin untuk menyelesaikan tugas akhir secara optimal dan tepat waktu lho!

Pak Agung Ariana menegaskan bahwa untuk menaklukan tantangan ini mahasiswa harus bisa mengatasi rasa malas dalam diri terlebih dahulu dan agar punya motivasi, punya target atau impian yang ingin dicapai bisa menjadi reminder yang ampuh!

Jika kamu ingin menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu, tips dari Pak Agung Ariana ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahnmu!

Rencanakan Target-target Kecil

Untuk menyelesaikan tugas akhir, kamu dapat membagi tugas akhir menjadi beberapa target-target kecil. Misalnya dalam satu bulan menyelesaikan Bab 1, diubah menjadi setiap hari membaca satu jurnal penelitian. Atau jika ditargetkan lebih kecil lagi, dalam satu hari kamu dapat membaca satu jurnal selama 10 menit terkait topik seminar yang diangkat.

Jika kamu menerapkan ini, secara perlahan kamu akan merasakan yang disebut “Sense of Progress.”

Mengapresiasi Pencapaian Kecil

Menurut pakar human performance Prof. Teresa Amabile dari Harvard Business School, dalam bukunya yang berjudul The Progress Principle, bahwa orang-orang gagal mencapai target dan impian mereka diakibatkan karena gagal untuk mengapresiasi pencapaian-pencapaian kecil mereka atau gagal merasakan sense of progress.

Sering kita lihat keluhan seperti “ah kok cuma segini aja”, “sehari cuma buat satu kalimat” dan lain-lain. Kalimat-kalimat tersebut merupakan contoh kalimat yang tidak menghargai proses, yang akhirnya membuat kita patah semangat.

Tumbuhkan Perasaan Bangga

Poin penting dari sense of progress adalah menumbuhkan perasaan bangga dan senang ketika mencapai target-target kecil. Milikilah sense of progress. Rasakan kemenangan-kemenangan kecil ketika menyelesaikan satu tugas yang sederhana. Karena hal-hal sederhana inilah yang nantinya terakumulasi menjadi sebuah kebiasaan, dan nantinya kebiasaan inilah yang akan membawamu pada target yang ingin kamu capai.

Ingin mendapatkan informasi lain seputar dunia perkuliahan? Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia perkuliahan dan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

 

PENGUMUMAN LAINNYA