Bikin CV Menarik tanpa Pengalaman Kerja? Ini Caranya!

Bikin CV Menarik tanpa Pengalaman Kerja? Ini Caranya!

Bagi Civitas INSTIKI yang ingin membuat CV untuk melamar pekerjaan tetapi belum memiliki pengalaman kerja, tenang saja! INSTIKI sebagai kampus IT di Bali punya tips menarik untuk kamu yang ingin membuat CV yang menarik nih!

Sebagai fresh graduate, CV menjadi hal penting saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Walaupun belum ada pengalam kerja, ada banyak hal yang dapat kamu tonjolkan dalam CV agar CV-mu dapat menarik perhatian HRD. Penasaran apa saja itu? Simak berikut ini!

Cantumkan Pengalaman yang Relevan

Walaupun kamu belum mempunyai pengalaman bekerja, kamu dapat mencantumkan pengalaman lain yang relevan dengan bidang yang kamu lamar agar perekrut bisa menilai kalau kamu memiliki ilmu dasar dan pengalaman tertentu yang bermanfaat untuk posisi yang kamu lamar.

Kamu dapat mencantumkan organisasi yang pernah kamu ikuti. Pengalaman kamu di organisasi bisa menjadi salah satu cara menyiasati dalam pengalaman kerja, khususnya bagi kamu yang baru saja menyelesaikan perkuliahan. Jika kamu ingin memasukkan pengalaman organisasi yang kamu miliki, lebih baik buatlah dalam kolom terpisah dari pengalaman kerja seperti magang maupun pengalaman menjadi sukarelawan.

Pengalaman organisasi kampus seperti BEM dan UKM bisa bermanfaat dan dapat dicantumkan di CV. Pengalaman ini dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan kamu seperti kemampuan memimpin, mengelola pekerjaan, membuat perencanaan, dan lain-lain. Sertakan juga posisi yang kamu duduki dan masa jabatannya selama di organisasi. Dengan begitu, HRD bisa memiliki bayangan tanggung jawab seperti apa yang pernah kamu jalani.

Tulis Skill yang Kamu Peroleh dari Organisasi/UKM

Mengikuti kegiatan seperti organisasi dan UKM bermanfaat bagi mahasiswa dalam melatih soft skill dan menambah pengalaman. Keikutsertaan kamu dalam mengikuti kegiatan mahasiswa juga bisa memperbesar peluang dilirik perekrut ketika kamu melamar pekerjaan. Sama halnya seperti mencantumkan organisasi, UKM juga dapat membuktikan kemampuan dan keterampilan yang sudah kamu cantumkan dalam CV.

Cantumkan Pendidikan Terakhir

Karena kamu belum memiliki pengalaman kerja, salah satu yang bisa kamu andalkan tentunya adalah latar belakang pendidikanmu. Tulislah dimana kamu berkuliah, jurusan yang kamu ambil, dan tahun kelulusan. Ingat, kamu tidak perlu mengisi CV kamu dengan seluruh riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh seperti, TK, SD, dan SMP. Cukup cantumkan SMA dan tempat kamu berkuliah.

Deskripsikan Diri Secara Singkat

Deskripsi diri dapat dijelaskan secara singkat tentang pengalaman dan skill-mu, tulis poin-poinnya saja. Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu fresh graduate, memiliki interest dalam bidang tertentu atau memiliki harapan seperti apa dalam karier.

Portofolio

Jika di dalam CV kamu mencantumkan skill di bidang desain seperti penggunaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, bagaimana caramu membuktikannya? Tentu dengan melampirkan hasil karya desainmu di CV dalam bentuk portofolio.Portfolio dapat dikatakan berpengaruh besar dalam perekrut menilai skill-mu.

Desain CV dengan Rapi

Selain konten CV, layout untuk desain CV juga penting. Jangan menggunakan desain dengan kombinasi warna yang terlalu beragam dan elemen-elemen yang tidak perlu. CV yang terlalu penuh akan menimbulkan kesan childish dan mengurangi kesan profesional.

Bagi kamu yang lagi kuliah di Bali di INSTIKI, tips di atas bisa diterapkan agar CV-mu lebih menarik dan profesional. Atau jika kamu pengen kuliah sambil kerja di Bali? Tips di atas juga bisa banget kamu terapkan nih!

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya? kamu bisa dapatkan informasi menarik seputar teknologi dan dunia perkuliahan dengan mengunjungi website resmi INSTIKI pada link https://instiki.ac.id/. Selain beragam informasi menarik, kamu juga bisa mengetahui lebih banyak tentang INSTIKI.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA