Mahasiswa STIKI Indonesia Ciptakan Sistem Smart Farming Berbasis IoT

Sebuah teknologi masa depan untuk membantu para petani Bali berhasil diciptakan. Mahasiswa dari Program Studi Sistem Komputer STIKI Indonesia, I Putu Gede Elang Erlangga Kurnia Sudaryana merancang Sistem Smart Farming Berbasis Internet of Things (IoT).

Inovasi produk IoT ini dikembangkan untuk menangani permasalahan yang sering dialami oleh petani Bali terutama Petani Bunga Gumitir agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen secara maksimal.

Sequence 01.00_09_33_04.Still011
I Putu Gede Elang Erlangga Kurnia Sudaryana

Teknologi yang diciptakan oleh mahasiswa STIKI Indonesia ini dapat mempermudah petani dalam memelihara pertanian dan perkebunannya. Mulai dari penyiraman, pemberian pupuk, dan pengisian air ke dalam tempat penampungan air dapat dilakukan secara otomatis dengan mengandalkan smartphone saja.

I Putu Gede Elang Erlangga Kurnia Sudaryana mengatakan bahwa dengan teknologi ini, petani dapat memantau dan mengontrol kebunnya dari rumah dengan hanya menggunakan smartphone.

“Kita tinggal pencet satu tombol saja, jadinya alat ini dapat menyiram dan memberi pupuk secara otomatis,” ucap Elang Erlangga yang ditemui pada Selasa (11/01/2022).

Sequence 01.00_09_28_20.Still007
Aplikasi  Sistem Smart Farming

Dosen Pembimbing dalam penelitian ini, Anak Agung Gde Ekayana, S.Pd., M.Pd menerangkan bahwa teknologi ini dapat memberi kontribusi kepada masyarakat khususnya Petani Bunga Gumitir di era revolusi industri.

Teknologi ini dapat diterapkan oleh masyarakat sehingga memberikan sebuah pembaharuan dalam teknologi informasi. Dengan adanya teknologi ini, bisa memberikan kontribusi lebih kepada petani dan kepada stakeholder yang membutuhkan teknologi IoT.

Sequence 01.00_08_54_01.Still010
Sistem Smart Farming Berbasis IoT di Uji Coba Pada Kebun Bunga Gumitir

“Inovasi yang dibuat ini khusus untuk masyarakat, dalam hal ini pertanian dan perkebunan sehingga mereka bisa menerapkan smart farming untuk menuju revolusi industri yang nyata kedepannya,” ucapnya.

Sebagai kampus IT di Bali, INSTIKI selalu mendukung mahasiswanya untuk berinovasi kreatif di era digital seperti sekarang ini. INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali memberikan wadah dan fasilitas yang lengkap berbasis IT untuk menunjang kegiatan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan skill diri dan berkontribusi positif untuk masyarakat membangun negeri.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho!

PENGUMUMAN LAINNYA