Kapan Waktunya Kita Ganti Ponsel ke 5G?

I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom

Jaringan 5G sudah di depan mata. Tepat pada Mei 2021, Indonesia sudah memasuki era komersial layanan 5G. Dulunya mungkin kita sudah akrab dengan layanan 4G, nah 5G ini adalah penerusnya. layanan 5G merupakan peningkatan dari teknologi 4G yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Dosen INSTIKI, I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom menyampaikan bahwa teknologi 5G atau disebut dengan generasi ke 5 ini sebagai sebuah fase berikutnya dari standar telekomunikasi yang sudah disepakati secara internasional yang nantinya mau tidak mau harus kita ikuti.

Ada banyak kelebihan yang akan kita dapatkan apabila mengupgrade ponsel ke teknologi 5G ini lho, apa saja itu?

“Peningkatan kecepatan transfer data yang besar, hubungan antar perangkat yang sangat cepat, dan terkoneksinya jaringan dengan berbagai alat atau dikenal dengan Internet of thing (IOT),” ujar I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom yang menyampaikan kelebihan 5G dibanding generasi sebelumnya.

“Ketika kita merasa kecepatan internet kita sudah cukup, sebenarnya karena kita belum menikmati kecepatan internet 5G secara reguler. Contoh ketika 7 tahun lalu kita rasa bahwa kecepatan 3G itu cukup, tapi begitu ditawarkan kecepatan dan paket harga yang lebih murah maka masyarakat berbondong-bondong untuk pindah menggunakan perangkat 4G,” lanjutnya.

I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom juga menyampaikan dalam waktu dekat kita akan segera menggunakan layanan 5G, apalagi di Indonesia layanan 5G sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2021 dengan menyasar beberapa kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan. Akan tetapi pemanfaatan 5G masih terbatas area tertentu karena keterbatasan pemancar yang mendukung 5G.

“Saya rasa ini akan terjadi dalam waktu dekat dimana operator seluler akan menawarkan paket internet yang sangat cepat dengan harga yang menarik untuk layanan 5G mereka,” tuturnya.

Jika kamu penasaran dengan layanan 5G ini, sekarang telah ada tiga operator telekomunikasi yang memberikan layanan 5G. Di sekitar kampus INSTIKI sudah bisa digunakan lho. Selain itu, layanan 5G dapat diakses di sekitar pusat Kota Denpasar, Bandara I Gusti Ngurah Rai dan BTDC Nusa Dua.

Di tahun ini saja telah banyak merek smartphone yang merilis ponsel 5G dengan spesifikasi yang bersaing. Tak lama lagi, layanan 5G ini akan semasif 4G nih, tinggal menunggu waktu saja!

“Perkiraan saya sebaran 5G akan masif pada tahun 2023, hal ini bisa diprediksi dari migrasi siaran televisi analog ke digital yang akan dilakukan pada September 2022 di mana salah satu tujuan dari migrasi siaran televisi ini adalah untuk memuluskan migrasi dari 4G ke 5G.”

Untuk kamu yang masih menggunakan smartphone dengan teknologi 4G, tenang saja, layanan 4G masih bisa terus dipakai dan tidak usah buru-buru untuk mengganti smartphone ke 5G.

Namun, jika kamu memang berencana untuk mengganti smartphone, maka perlu dipertimbangkan untuk memilih smartphone yang sudah mendukung teknologi 5G agar tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi 2 sampai 3 tahun kedepan

Untuk mendapatkan informasi dan berita seputar teknologi, berita terkini, dan pendidikan, kamu dapat pantengin website INSTIKI pada link instiki.ac.id. Sebagai kampus IT di Bali dan kampus swasta di Bali, INSTIKI juga akan memberikan berbagai informasi menarik di bidang pendidikan agar saat kamu kuliah di Bali di INSTIKI bisa semakin kreatif dan update berita terbaru!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA