CV ATS Friendly VS CV Kreatif, Apa Bedanya? Jangan Salah Pakai!

CV ATS Friendly VS CV Kreatif, Apa Bedanya? Jangan Salah Pakai!

CV atau Curriculum Vitae menjadi salah satu persyaratan penting apabila ingin melamar kerja di suatu perusahaan. Sebelum memulai melamar pekerjaan, kamu perlu tahu, CV yang seperti apa yang perlu kamu kirimkan ke perusahaan, apakah CV ATS Friendly atau CV Kreatif?

Hi Civitas INSTIKI! Inilah perbedaan CV ATS Friendly dengan CV Kreatif, ternyata kedua CV ini sangat berbeda lho, yuk simak penjelasan di bawah ini biar gak bingung lagi!

CV ATS Friendly

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah sistem yang dapat membantu tim rekrutmen atau HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaannya. Cara kerjanya cukup sederhana, sistem dari ATS ini akan melakukan scanning dengan cara membaca konten dari CV dengan menggunakan algoritma dan kata kunci yang ditetapkan oleh perusahaan.

Kata kunci yang biasanya dipakai perusahaan seperti pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan skill yang dimiliki pelamar kerja. Dengan adanya kata kunci ini akan memudahkan dalam menemukan pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Nah, karena sistem ATS ini secara otomatis memindai CV, maka perlu membuat CV dengan desain CV yang minimalis memiliki warna dasar hitam dan putih, jenis font standar, dan tidak memerlukan foto pendukung.

Kenapa demikian? Jika CV kamu terlalu banyak menggunakan warna atau menggunakan jenis font yang terlalu beragam, maka CV-mu akan sangat sulit terbaca oleh sistem ATS ini.

CV ATS friendly ini dapat kamu pakai saat mengirim lamaran menggunakan aplikasi smartphone atau website seperti Kalibrr, JobStreet, website perusahaan yang ingin dilamar, dan lain sebagainya yang di mana CV kamu di scanning secara otomatis buka diperiksa langsung oleh manusia.

CV Kreatif

Berbeda dengan CV ATS friendly, CV kreatif memiliki desain yang menarik yang biasanya lebih berwarna dibanding CV ATS Friendly. CV kreatif adalah CV yang dipergunakan untuk memberi perbedaan yang mencolok dengan CV lainnya. Dengan banyaknya pelamar kerja, CV kreatif akan memberikan perbedaan dari segi tampilan, sehingga dapat memancing mata HRD untuk melihat isi CV-mu lebih lanjut.

Ciri khas CV kreatif ini lebih enak dilihat karena selain tulisan, CV kreatif juga didukung dengan visual yang menarik. CV kreatif cocok dipergunakan saat melamar pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi seperti graphic designer, illustrator, art director, dan sebagainya. Jika kamu tertarik melamar pekerjaan di industri kreatif, maka cocok sekali untuk menggunakan CV kreatif ini!

Selain penting untuk memilih CV sesuai bidang yang ingin dilamar, kamu juga perlu membuat CV yang relevan  dengan lowongan pekerjaan yang dibuka. Gunakanlah kalimat yang efektif agar recruiter atau HRD mampu memahami isi CV-mu dengan optimal.

Nah, itulah bedanya CV ATS friendly dengan CV kreatif. Sekarang kamu tak perlu bingung lagi mau memakai CV ATS friendly atau CV kreatif saat melamar pekerjaan.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, INSTIKI sebagai kampus IT di bali dan kampus swasta di Bali mempunyai platform yang dapat membantumu. Ikatan Alumni INSTIKI (IKA-INSTIKI) memiliki platform khusus buat kamu para jobseeker, di platform ini ada banyak lowongan terupdate yang dibagikan secara gratis di IKA INSTIKI. Jika kamu ingin berkuliah sambil kerja, wajib banget pantengin IKA-STIKI!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

 

PENGUMUMAN LAINNYA