Pengen Jadi Podcaster Sukses? Ini Caranya!

Pengen Jadi Podcaster Sukses? Ini Caranya!

Belakangan ini, podcast sedang sangat diminati oleh masyarakat. Podcast menjadi media yang tak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, layaknya radio masa kini. Dengan euphoria podcast yang sedang trending dan berbagai kelebihan yang dimilikinya, ini dapat menjadi peluang yang menarik untuk berkecimpung di dunia podcaster lho!

Salah satu podcaster terkenal asal Indonesia adalah Deddy Corbuzier dengan podcast andalannya “Close The Door.” Podcast ini memiliki jutaan penggemar yang selalu aktif mendengarkan podcast Deddy Corbuzier. Dilansir dari Socialblade, selama satu bulan terakhir, jumlah penonton di saluran Youtube Deddy Corbuzier mencapai 113,3 juta kali. Apabila kita menggunakan hitung-hitungan versi Noxinfluencer, maka dalam setahun Deddy Corbuzier dapat meraup hingga $ 7.7 Miliar

Kamu pengen menjadi podcaster sukses? Inilah hal-hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu!

Tentukan Tema dan Topik Podcast

Podcast memang dapat membicarakan apa saja. Namun, akan lebih baik lagi apabila kamu fokus pada satu topik atau tema. Dengan begini, pendengar podcast-mu bisa tahu konten seperti apa yang kamu buat.

Untuk menentukan tema podcast, cobalah pikirkan hal apa yang paling membuatmu bersemangat untuk bercerita. Bisa saja soal cerita sehari-hari yang kamu alami, tren kecantikan paling baru atau tips dan trik sukses berkarir. Setelah itu, coba pikirkan Kembali, apakah menurutmu tema tersebut akan disukai pendengar podcast? Kalau jawabannya ‘iya’ maka lanjutkan!

Rencanakan Konten Podcast

Perencanaan isi konten adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini wajib dilakukan agar podcastmu lebih terarah lagi. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Konten untuk setiap episode harus sesuai dengan tema besar podcastmu, namun episode podcast bisa fokus membahas topik yang diinginkan.

Lama setiap episode. Selain topik, durasi juga ikut mempengaruhi orang untuk mendengarkan podcast. Sebelum membuat podcast sepanjang 45 sampai 60 menit, ada baiknya untuk membuat episode perkenalan sepanjang 5 sampai 10 menit.

Di episode perkenalan, kamu bisa bercerita mengenai alasan di balik membuat podcast dan hal apa saja yang akan dibahas di dalamnya. membangun keakraban dengan pendengar. Baru dari situ, kamu bisa mempengaruhi pendengar untuk mendengarkan podcast dengan durasi yang lebih panjang.

Storyboard atau alur pembahasan. Merekam podcast tanpa persiapan apa-apa bisa dibilang sebagai hal ceroboh. Tanpa alur yang terencana, episode podcast hanya akan menjadi panjang. Tanpa bisa menyampaikan gagasan dengan tajam.

Maka itu, coba tulis hal-hal apa saja yang perlu disampaikan. Berapa waktu yang diperlukan untuk perkenalan diri dan tema podcast? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membahas konten utama? Hal-hal semacam ini perlu lebih dulu dipikirkan.

Merekam Podcast

Kejernihan suara di podcast tentunya penting. Maka dari itu, perlu untuk memastikan piranti yang digunakan untuk merekam berkualitas baik. Kalau kamu belum mempunyai microphone untuk merekam, solusi lainnya adalah menggunakan smartphone-mu. Kebanyakan ponsel pintar memiliki aplikasi rekam suara yang bisa Kamu gunakan. Hasil rekaman pun tak jauh berbeda dengan microphone entry level. Kamu hanya perlu memastikan lingkungan saat merekam cukup tenang dan kondusif.

Saat Mengedit Podcast

Pembuatan podcast tak akan lengkap tanpa proses editing. Di bagian ini, kamu bisa memotong bagian-bagian yang dirasa tak perlu. Seperti bagian kosong ketika berpikir atau filler, “Emmm” “Ee….”, dan sebagainya.

Mengenai software edit podcast, ada banyak sekali software-software editing yang dapat kamu gunakan seperti Audacity. Selain mudah untuk dipakai, software ini juga tersedia gratis bagi Mac dan Windows. Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan fitur yang lebih pro, bisa juga gunakan Adobe Audition.

Salah satu platform terkenal di dunia podcaster adalah Spotify. Spotify adalah layanan musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Login akun Spotify kamu di Spotify for Podcasters. Jika tidak punya akun Spotify, kamu harus membuat dahulu sebelum lanjut ke langkah selanjutnya.

Klik tombol Get Started. Masukkan namamu di kotak Your legal name, lalu centang I have read and agree… dan klik tombol Continue.

Isikan URL RSS feed podcast Kamu di kotak yang tersedia. Lalu, klik NEXT.

Masukkan alamat email kamu karena Spotify akan melakukan mengirimkan kode verifikasi. Maka dari itu, cek email kamu dan masukkan kodenya di kotak yang tersedia.

Setelah terverifikasi, kamu harus memasukkan informasi lengkap tentang podcastmu. Mulai dari negara, bahasa, hosting, hingga kategori. Jika sudah, klik Next.

Cek ulang informasi yang barusan Kamu masukkan. Jika semuanya sudah benar, klik Submit. Spotify akan mengecek podcastmu secara menyeluruh dan biasanya membutuhkan waktu beberapa jam. Tetapi tak jarang juga memakan waktu antara dua hingga lima hari.

Nah, itulah cara membuat podcast yang dapat kamu terapkan. Podcast adalah salah satu tren yang tak boleh kamu lewatkan. Jika kamu ingin mendalami dunia podcaster, INSTIKI sebagai kampus IT terbaik di Bali dan kampus swasta di bali memiliki fasilitas lengkap dalam mengembangkan passionmu. Kuliah di Bali di INSTIKI, memiliki fasilitas Laboratorium Visual (DKV) yang dapat kamu manfaatkan semaksimal mungkin sebagai mahasiswa INSTIKI.

Untuk menunjang kegiatan Mahasiswa dalam membuat karya, INSTIKI menyediakan Laboratorium Visual. Laboratorium Visual merupakan salah satu lab riset yang ada di INSTIKI. Laboratorium Visual memfasilitasi mahasiswa yang ingin menggunakan alat – alat yang mendukung dalam pembuatan karya seperti podcast.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA