Ini Dia Inovasi Bisnis di Era Industri 4.0

Ini Dia Inovasi Bisnis di Era Industri 4.0

Perkembangan bisnis dari era ke era mengalami perubahan begitu pesat dan dinamis. Apalagi di era industri 4.0 ini, transformasi menuju integrasi dunia online telah berjalan dengan sangat pesat. Era industri 4.0 atau yang sering dikenal dengan cyber physical system adalah fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi.

Era industri 4.0 memungkinkan kita untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam berinovasi membangun bisnis. Telah banyak inovasi-inovasi bisnis digital bermunculan, apa saja itu? Yuk simak!

Produk Digital

Produk digital merupakan produk yang tak berbentuk fisik namun berbentuk elektronik yang diperjualbelikan secara online di internet. Dewasa ini banyak sekali peluang yang tercipta dengan adanya internet, salah satunya jual beli produk digital seperti e-book, video, foto, software dan masih banyak lagi. Produk semacam ini dijual dalam bentuk file yang dikirim secara online.

Dengan kepraktisannya, inovasi digital yang satu ini dapat dikatakan peluang yang menarik, mudah dilakukan, tergolong minim biaya, dan ramah lingkungan. Jika kamu memiliki passion seperti di bidang photography, video editor dan lainnya, kamu dapat menjual produk digitalmu melalui internet! Gampang banget!

Website dan Aplikasi Online

Di era industri 4.0, penggunaan smartphone bisa dikatakan tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita sebagai individu. Website dan aplikasi online merupakan elemen penting dalam keseharian kita.

Sebagai pengguna smartphone dan internet, kita mungkin sudah terbiasa menjadi seorang “konsumen atau pengguna” website dan aplikasi online. Namun, beberapa tahun belakangan ini punya laman website sendiri sudah menjadi sebuah kebutuhan. Dari mulai dipakai pribadi, online shop, hingga instansi pemerintahan pun dituntut memiliki websitenya sendiri.

Dengan permintaan yang begitu tinggi, menjalankan bisnis pembuatan website hingga aplikasi online dapat menjadi prospek yang menggiurkan dan potensial.

Bank Digital

Dahulu orang-orang terbiasa menyimpan uang di rumah ataupun di bank konvensional yang memiliki kantor cabang. Dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0 ini membuat bank-bank bertransformasi sangat mutakhir.

Sekarang kamu dapat menyimpan uangmu melalui bank digital. Bank digital menjalankan kegiatan perbankannya melalui saluran elektronik terutama aplikasi mobile banking dan internet banking. Dengan kemudahan dan fleksibilitas bank digital, kamu tak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan, cukup menggunakan handphone, semua dapat dilakukan dalam genggaman saja.

Online Marketing

Seiring dengan perubahan bisnis digital ini, industri pemasaran juga mengalami pergeseran dari konvensional ke arah digital. Kini, online marketing memegang peranan penting dalam pemasaran sebuah bisnis. Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia dan di dunia, ini dapat menjadi peluang yang besar dalam meningkatkan penjualan suatu bisnis.

Jika kamu memiliki keahlian di bidang online marketing, ini dapat menjadi peluang yang sangat menarik dan menggiurkan untuk digeluti. Apalagi dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang berlomba mencari strategi terbaik untuk kampanye digital, bisa jadi peluang bisnis nih!

Itulah empat inovasi yang muncul di era industri 4.0. Apabila kamu tertarik membangun startup atau bisnismu sendiri, ini dapat menjadi ide yang menarik dalam membangun sebuah bisnis di era revolusi industri 4.0.

Jika kamu tertarik dengan dunia teknologi sekaligus ingin membangun bisnis di era industri 4.0 ini, kamu dapat belajar mengembangkan skill entrepreneur kamu di kampus IT terbaik dan terpopuler di Bali yakni di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI siap mengantarmu untuk menggapai impian menjadi entrepreneur sukses. Dengan fasilitas berbasis IT, tenaga pengajar yang handal dan metode pembelajaran yang modern, kuliah di Bali di INSTIKI akan terasa sangat asik dan berkualitas!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA