Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari Perusahaan?

Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari Perusahaan?

Belakangan ini posisi seorang motion graphic designer sedang mengalami kenaikan popularitas. Jika kamu membuka website ataupun laman lowongan pekerjaan, kamu akan menemukan banyak lowongan untuk mengisi posisi motion graphic designer di berbagai perusahaan ternama.

Apa Itu Motion Graphic?

Motion graphic adalah gabungan dari media visual dengan memasukkan elem seperti 3D, 2D, ilustrasi, animasi, typography, photography, video, dan musik. Dilansir dari glints.com, Motion graphic dalam dunia broadcast memiliki kehadiran yang sangat kuat. Contohnya seperti dalam pembuatan iklan komersial, berita, hiburan ataupun sebuah opening suatu program televisi. Motion graphic digunakan untuk komunikasi yang mendalam dengan sebuah cerita yang ditampilkan dengan tambahan musik, teks, dan ilustrasi sehingga pesan dan makna dapat tersampaikan dengan optimal.

Nah, kenapa motion graphic banyak dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka? Apa sih kelebihannya?

Digital Marketing yang Menarik

Motion graphic banyak digunakan sebagai teknik digital marketing yang optimal. Motion graphic di zaman sekarang, dipergunakan sebagai media komunikasi yang unik dengan menggabungkan komunikasi visual dengan cerita melalui gerak dan suara. Motion graphic pun sering digunakan untuk iklan dalam menjelaskan produk, ini dapat membuat iklan tampak kreatif dan interaktif.

Motion graphic dapat diambil dengan berbagai jenis dan gaya sesuai dengan yang diinginkan. Motion graphic menggunakan desain yang sederhana sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan lebih mudah untuk diingat oleh audiens.

Biaya Lebih Efisien

Dibandingkan dengan video live action, tentu perbedaan biayanya sangat berbeda dengan motion graphic. Dari segi teknis saja, video live action membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak, sedangkan motion graphic tak membutuhkan banyak peralatan. Hal ini membuat biaya produksi sebuah motion graphic lebih terjangkau.

Digunakan untuk Logo, Film & Video, hingga Konten Media Sosial

Dengan berbagai kelebihannya, motion graphic juga menjadi elemen penting dalam berbagai hal seperti logo, film dan konten media sosial. Berbicara tentang logo, logo yang bergerak ini dapat dipasang dalam kebutuhan video agar konten terlihat lebih hidup.

Dalam pembuatan film dan video-pun, motion graphic mengambil peranan penting. Seperti dalam menampilkan judul di sebuah film, tentu membutuhkan skill dalam membuat motion graphic yang menarik. Begitu pula dengan konten media sosial, desain media sosial yang bergerak dengan motion graphic akan menjadi lebih atraktif. Ini telah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia sehingga membuat “Motion Graphic Designer” sangat dicari-cari di era digital seperti sekarang ini!

Mau Jadi Motion Graphic Designer?

Motion graphic designer dewasa ini sangatlah dibutuhkan. Tak ayal, ada banyak lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan besar untuk mengisi posisi ini. Penghasilan seorang motion graphic designer juga bisa dikatakan besar dan sangat menjanjikan lho!

Jika kamu tertarik untuk berkecimpung sebagai seorang motion graphic designer, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai seperti skill desain grafis yakni mengerti layout, typography, dan unsur-unsur penting dalam teori warna.

Kamu juga harus menggunakan software-software yang berkaitan dengan motion graphic. Software itu diantaranya Adobe Photoshop, Adobe After Effects, Cinema 4D, Maya 3D, Adobe Illustrator dan yang lainnya.

Yang paling penting dalam pembuatan sebuah motion graphic adalah kreatifitas. Secara sederhana motion graphic designer bisa dikatakan sebagai seorang story teller. Untuk menciptakan kreatifitas, kamu dapat mencari inspirasi untuk memperkaya referensi.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi seorang motion graphic designer? Untuk dapat menjadi motion graphic designer, kamu dapat mempelajari skill-skill yang diperlukan dengan mengikuti kursus ataupun mengikuti pendidikan formal seperti di INSTIKI. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) sebagai kampus IT di Bali dan kampus swasta di Bali memiliki program Desain Komunikasi Visual yang bisa mengawali karirmu menjadi seorang Motion Graphic Designer. 

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA