Tips Presentasi Ala Steve Jobs, Dijamin Gak Ngebosenin!

Tips Presentasi Ala Steve Jobs, Dijamin Gak Ngebosenin! (Gambar: CNBC)

Siapa yang tak mengenal Steve Jobs, sang pendiri Apple. Steve Jobs adalah sosok dibalik suksesnya perusahaan raksasa Apple yang telah mendunia. Berbicara tentang sosok Steve Jobs, Ia memiliki cara unik dalam mempresentasikan produk-produk andalan Apple. Tak jarang orang-orang rela untuk mengantri agar mendapatkan kursi terdepan saat Steve Jobs mempresentasikan karyanya.

Kepiawaian seorang Steve Jobs dalam presentasi juga mendapatkan pengakuan dari Bill Gates lho. Sampai-sampai membuat Bill Gates merasa iri terhadap kemampuan presentasi pendiri Apple ini!

Nah, jika kamu salah satu penggemar Steve Jobs atau ingin melatih kemampuan presentasimu agar dapat semenarik Steve Jobs, wajib banget untuk menyimak tips presentasi ala Steve Jobs ini, dijamin presentasimu jadi menarik dan gak ngebosenin!

Tahu Garis Besar Materimu

Menurut Steve Jobs, sebuah presentasi akan efektif apabila kamu tahu dan paham satu poin yang paling penting dari materi yang ingin kamu sampaikan ke audiens. Apabila sudah tahu poin yang ingin disampaikan, gak perlu lagi deh membahas hal-hal yang tidak termasuk dalam poin materi, apalagi menyampaikan sesuatu sampai bertele-tele.

Buat Visual yang Eye-Catching tetapi Simple

Kamu dapat menyampaikan materi dengan slide PowerPoint atau visual lainnya agar presentasimu terlihat lebih menarik. Penyampaian dengan visual ini harus terlihat sederhana, tepat sasaran, dan bisa membuat audiens langsung paham dengan gagasan yang ingin kamu sampaikan.

Perlu kamu ketahui pula, Steve Jobs pun sering menampilkan slide yang hanya berisi gambar tanpa ada kata-kata lho!

Pakai Gambar yang Pas dan Jelas

Pilihlah gambar yang sesuai dengan apa yang ingin kamu sampaikan ke audiens . Dari gambar itu, audiens bisa membayangkan apa yang sedang kamu sampaikan dengan lebih jelas. Tak hanya itu, Steve Jobs juga sering menampilkan data angka berukuran besar dan menjelaskannya dengan lengkap.

Memakai Aturan 3 Bagian

Bagi poin penting dari presentasi kamu menjadi tiga bagian utama agar audiens lebih mudah mengingatnya. Misalnya saja, saat Steve Jobs menjelaskan apa itu iPhone, Ia langsung merangkumnya menjadi tiga fungsi dari iPhone.

Berikan Momen Kejutan Untuk Audiens

Cara ini bisa memberikan kekuatan dan aspek emosional kepada audiens. Steve Jobs pun sering memberikan kejutan pada setiap presentasinya, salah satunya Ia pernah mengeluarkan notebook Apple dari sebuah amplop sehingga audiens tahu seberapa tipis notebook itu.

Practice Makes Perfect Itu Nyata!

Steve Jobs terbiasa berlatih berjam-jam hingga berpuluh-puluh kali. Dari persiapan yang matang ini dan telah mengetahui seluk beluk poin presentasi yang ingin kamu sampaikan, akan membuat kamu tampil lebih yakin dan menarik!

Tegang dan gugup karena takut presentasimu tidak sesuai dengan rencana memang pasti ada! Nah, agar tidak terjadi demikian kamu dapat menyelipkan candaan agar suasana presentasi bisa lebih cair dan energi positif dapat tersalurkan kepada audiens.

Nah, itulah beberapa tips presentasi ala Steve Jobs yang bisa kamu terapkan. Keahlian presentasi ini sangatlah penting agar dapat menunjang saat kamu melanjutkan pendidikan maupun pekerjaan/karir di era digital seperti sekarang ini.

Sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI tak hanya berfokus pada teori pembelajaran saja lho, skill-skill seperti presentation skill juga menjadi poin penting yang akan diasah ketika berkuliah di INSTIKI. INSTIKI sebagai kampus IT di Bali akan melatih hard skill dan soft skill-mu sehingga kamu siap memasuki dunia kerja.

Dalam dunia kerja, kemampuan presentasi menjadi suatu hal yang sangat penting dan harus dikuasai untuk menapaki karir yang cemerlang, maka dari itu kuliah di Bali di STIKI Indonesia dapat menjadi keputusan yang sangat tepat. Sambil mempelajari budaya Bali yang unik dan melatih soft skill dan hard skill dengan fasilitas kampus berbasis IT, yuk gapai mimpi besarmu bersama INSTIKI.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA