STIKI Indonesia Siap Serahkan Kajian Akademis Instalasi PLTS Kepada PERUMDA Danu Arta

WhatsApp Image 2021-12-21 at 11.30.27 (1)
Seminar Hasil “Kajian Akademis Terkait Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya” oleh STIKI Indonesia

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM Kabupaten Bangli) amanatkan “Kajian Akademis Terkait Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya” kepada STIKI Indonesia. Atas keberlanjutan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, akhirnya tepat pada Senin (20/12/2021) kajian akademis ini rampung dan sukses terselesaikan sesuai rencana oleh STIKI Indonesia.

Pada Senin (20/12/2021) telah terlaksana Seminar Hasil “Kajian Akademis Terkait Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya” oleh STIKI Indonesia yang dihadiri langsung oleh PERUMDA Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli, dan Ketua Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli beserta jajarannya.

Kajian Akademis ini bertujuan untuk menentukan kelayakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lokasi pompa PERUMDA Air Minum Tirta Danu Arta. Kajian ini akan sangat bermanfaat bagi PERUMDA Tirta Danu Arta sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan, khususnya penggunaan pembangkit listrik tenaga surya yang akan segera dibangun.

Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kreativitas (LPIK) STIKI Indonesia, I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T menyampaikan Hasil kajian akademis ini mencakup dari aspek teknis, sosial, dan ekonomi yang akan sangat berguna saat pembangunan PLTS nantinya.

“Atas penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyimpulkan secara teknis, sosial, dan ekonomi, pembangunan PLTS ini sangat layak dilakukan. Melalui pembangunan PLTS ini nantinya akan dapat menghemat 16,94 persen listrik,” ujar I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T.

I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T juga menyampaikan nantinya pembangunan PLTS ini tentu harus tetap menyesuaikan kerangka acuan kerja dengan pihak ketiga saat pembangunan PLTS berlangsung. Saat PLTS sudah selesai dibangun dengan pemeliharan yang tepat sesuai rekomendasi STIKI Indonesia, sehingga saat berusia 30 tahun pun, PLTS masih dalam keadaan remaja.

Direktur PERUMDA Tirta Danu Arta, I Dewa Gede Ratno Suparno Mesi, S.T mengapresiasi kerja sama bersama STIKI Indonesia yang telah berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Sebagai kampus IT di Bali dan kampus swasta di Bali, STIKI Indonesia berkomitmen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini tentunya akan sangat berguna untuk STIKI Indonesia, masyarakat dan kemajuan Indonesia kedepannya. Kerja sama dengan PERUMDA Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli ini adalah bentuk nyata STIKI Indonesia dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA