Bersama KSR-PMI STIKI Indonesia, Kita Lawan Stigma Negatif HIV/AIDS!

Dalam rangka memperingati Hari HIV & AIDS Sedunia, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit STIKI Indonesia menggelar Webinar Nasional yang bertema “Togetherness: Against the Negative Stigma of HIV & AIDS” pada Minggu (12/12/2021). Dengan mengundang Konselor HIV dan Adikasi Narkoba, Novian Haryawan dan Outreach Paralegal LBH Apik Bali, Yurike Ferdinandus, S.A, acara nasional ini berjalan dengan apik dengan diikuti 164 peserta.

Tak hanya diikuti Civitas Akademika STIKI Indonesia, webinar nasional ini pun diikuti oleh kalangan umum yang concern terhadap stigma HIV/AIDS di masyarakat. Antusisme dan partisipasi positif peserta sangat terasa terhadap pemaparan materi yang diberikan oleh pembicara.

a6c0da07-db92-43f3-b03c-76088f0dfe97
Webinar Nasional  “Togetherness: Against the Negative Stigma of HIV & AIDS”

Novian Haryawan menegaskan bahwa label buruk yang disematkan kepada penderitaHIV/AIDS yang berkembang di masyarakat harus diubah. Adanya sigma-stigma negatif ini menyebabkan diskriminasi penderita HIV dalam pergaulan di masyarakat, susahnya mendapatkan pekerjaan hingga diskriminasi yang dilakukan oleh tenaga Kesehatan terhadap pasien HIV-pun ada.

“Jangan jauhi orangnya, tapi jauhi penyakitnya,” tutur Novian Haryawan.

Novian Haryawan juga mengingatkan bahwa penyakit HIV tidak akan ditularkan melalui kontak fisik seperti bersalaman. Penyakit HIV sendiri tidak menular jika dibandingkan dengan Hepatitis B dan Hepatitis C. Perlu ditanamkan untuk generasi muda dan masyarakat Indonesia bahwa penderita HIV/AIDS juga manusia, punya hak untuk memiliki kualitas hidup yang baik seperti masyarakat pada umumnya.

21 desember stigma negatif hiv 3
Webinar Nasional  “Togetherness: Against the Negative Stigma of HIV & AIDS”

Agsefty Ekadiani, selaku ketua panitia acara Webinar Nasional 2021 KSR-PMI Unit STIKI Indonesia menjelaskan bahwa webinar kali ini selain untuk memperingati hari HIV/AIDS Sedunia, webinar ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan bahaya dan stigma negatif HIV & AIDS.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA