Suka Overthinking? Wajib Baca Buku Ini!

Suka Overthinking? Wajib Baca Buku Ini!

Bagi kamu yang suka overthinking atau memikirkan sesuatu hingga berlarut-larut wajib banget simak artikel berikut ini! Dilansir dari psychologytoday.com, overthinking adalah karakteristik yang identik dengan kekhawatiran, perenungan, dan pemikiran obsesif. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan memberi efek negatif terhadap kesehatan emosional, kebahagiaan, dan kesejahteraan diri sendiri.

Nah, agar overthinking ini tidak sampai berefek negatif buat diri kamu sendiri, kamu perlu untuk mempelajari dan mencari solusi dari permasalahn yang sedang kamu lalui. Salah satu cara efektif untuk mengatasi overthinking yang sedang kamu alami yakni dengan membaca buku.

INSTIKI sebagai kampus Terpopuler di Bali punya rekomendasi buku-buku anti boring yang cocok untuk dibaca biar kamu tidak overthinking lagi nih, yuk simak!

I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki

Buku best seller karya Baek Se Hee ini menceritakan pengalaman penulis yang mengalami depresi.

Baek Se Hee, seorang penulis yang mengalami depresi berkepanjangan. Ia sudah mengunjungi berbagai psikolog maupun psikiater yang berbeda, tetapi tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya pada tahun 2017, ia menemukan rumah sakit yang cocok dan menjalani pengobatan rutinnya di sana, baik menggunakan obat maupun dengan metode konsultasi.

Judul buku ini diambil dari apa yang dirasakan oleh penulis. Karena disaat penulis sedang merasa sedih dan ingin menangis, lalu merasakan sebuah kekosongan di hatinya. Lucunya, meskipun penulis merasakan kekosongan itu ia tetap pergi untuk makan tteokpokki (makan khas Korea berupa kue beras yang dimasak dalam bumbu pasta cabai).  Ia juga mengatakan, setelah memakannya ia merasakan perasaan yang ambigu. Tidak merasa sedih, tidak pula merasa bahagia. Melalui buku ini, kamu bisa belajar tentang berdamai dengan diri sendiri, menghargai diri dan mengatur emosi.

Berani Tidak Disukai

Tentang fenomena dari Jepang untuk Membebaskan Diri, Mengubah Hidup, dan Meraih Kebahagiaan Sejati.

Buku ini menjelaskan bagaimana kita harus memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran. Cara pikir yang membebaskan ini memungkinkanmu membangun keberanian untuk mengubah dan mengabaikan batasan yang mungkin kamu berlakukan untuk dirimu sendiri.

Bagi kamu yang ingin menemukan kunci kebahagiaan, sempat terpuruk karena masa lalu dan ingin bangkit dari keterpurukan dan pecinta teori psikologi, cocok banget nih buat kamu baca!

The Subtle Art of Not Giving A F*ck

Buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck oleh Mark Manson ini tentang seni untuk tidak terlalu memperdulikan apa yang orang lain pikirkan dan harapkan tentang kamu. Hidupmu hanya sekali, maka jalanilah sesuai dengan apa yang benar-benar membuatmu bahagia. Termasuk masalah karir, memilih pasangan, berbusana dan bahkan disegala bidang yang ada disekitarmu.

Buku best seller ini akan mengajarkan untuk tidak usah menghabiskan energi, menghiraukan dan memaksa dirimu untuk membuat semua orang untuk menyukaimu. Karena percaya atau tidak, usaha yang kamu lakukan tak akan pernah sia-sia.

Filosofi Teras

Sebagai Book of The Year pada Indonesia International Book Fair 2019, buku ini menjelaskan tentang tentang filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantumu mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi masalah hidup. Di dalam buku ini kamu akan mempelajari definisi Filosofi Teras dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu baca agar tidak overthinking. Dengan membaca buku-buku seperti di atas akan membuat mental kamu menjadi lebih Tangguh untuk menghadapi dunia.

Bagi kamu yang menyukai dunia buku, sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI memiliki fasilitas perpustakaan dengan lebih dari 1300 koleksi buku dan selalu akan mengalami penambahan setiap harinya.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

 

PENGUMUMAN LAINNYA