Diikuti 857 Peserta, Webinar “Produktivitas Menulis Karya Ilmiah” Sukses Buat Antusias!

Perpustakaan STIKI Indonesia menggelar webinar yang bertajuk “Meningkatkan Produktivitas Menulis Karya Ilmiah Melalui Budaya Literasi Informasi” pada Kamis (16/12/2021).

Bersama dua pembicara handal yakni Dosen STIKI Indonesia, Ir. Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G.M.Kom dan Dosen Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum membuat webinar kali ini berjalan dengan seru dan menarik. Sejumlah 857 peserta webinar sangat antusias dengan penyampaian pembicara.

DSC02922
Webinar  ”Meningkatkan Produktivitas Menulis Karya Ilmiah Melalui Budaya Literasi Informasi”

Ir. Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G.M.Kom menyampaikan topik “Tugas Akhir Bukan Akhir dari Segalanya.” Beliau menegaskan bahwa tugas akhir bukanlah akhir dari segalanya melainkan merupakan sebuah awal dari munculnya kebiasaan-kebiasaan baru yang positif.

“Tugas akhir memang menjadi kewajiban, namun agar hal ini tidak menjadi momok yang negatif, kita harus mulai menikmati, jalani, dan syukuri prosesnya. Proses ini akan mendewasakan kita agar siap untuk memulai untuk mengenali bidang apa yang kita sukai untuk ditekuni selanjutnya,” tutur Beliau.

Beliau juga menyampaikan untuk memulai tugas akhir, mahasiswa dapat perbanyak referensi, gali dan cari solusi dari permasalahan di lingkungan, sharing dengan teman atau mentor, kunjungi perpustakaan, serta kuasai tool. Kita sebagai mahasiswa pun harus mulai untuk mengasah critical thinking skill dan creative thinking.

1
Webinar  ”Meningkatkan Produktivitas Menulis Karya Ilmiah Melalui Budaya Literasi Informasi” 

Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum sebagai pembicara kedua kali ini menyampaikan topik “Budaya Literasi Informasi dan Produktivitas Karya Ilmiah: Tips dan Trik.”

Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum menyampaikan literasi informasi sangatlah penting mulai dari menemukan informasi yang dibutuhkan, mengakses informasi secara efisien dan efektif, mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis, menyatukan informasi dalam suatu dasar pengetahuan, menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan, memahami aspek ekonomi dan sebagainya, mengakses dan menggunakan informasi sesuai etika dan hukum.

“Budaya literasi adalah sebuah jembatan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk meraih kemajuan dan kesusksesan,” ungkap Beliau.

Beliau juga memberikan tips dan trik untuk mahasiswa agar dapat menulis karya ilmiah dengan optimal. Beberapa tipsnya seperti harus menguasai isu masalah yang diangkat, membuat kerangka pembahasan, membandingkan tulisan kita dengan topik serupa dan tentunya lebih banyak membaca referensi baru, serta manfaatkan fasilitas internet hingga perpustakaan yang bisa diakses secara gratis.

“Jangan mau lulus kuliah jika tidak menguasai bidang ilmu, teknologi informasi, bahasa asing, dan menguasai soft skill yakni berkomunikasi dengan baik dan memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain serta memiliki jiwa kepemimpinan,” tutur Beliau sebagai penutup dalam webinar ini.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA