Maraknya Cyber Crime, Kuliah Umum “Cyber Security” Bekali Mahasiswa Hadapi Era Digital

Atas kegelisahan terhadap kejahatan dunia maya yang sering terjadi dewasa ini, STIKI indonesia sebagai institusi terdepan di bidang IT hadirkan ahli untuk memberikan pemahaman baru bagi Civitas Akademika. Berlokasi di Aula STIKI indonesia, STIKI indonesia menggelar kuliah Umum yang bertajuk “Cyber Security” pada Selasa (7/12/2021).

STIKI indonesia menghadirkan ahli di bidang Cyber Security yakni Dr. Emmy Setyaningsih, S.Si., M.Kom dari Program Studi Ilmu Komputer/Sistem Komputer FST IST AKPRIND. Sejumlah 300 peserta menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme dalam mengikuti kuliah umum melalui platform Zoom Meeting.

IMG_5086
Kuliah Umum “Cyber Security”

Dr. Emmy Setyaningsih, S.Si., M.Kom sebagai pembicara kali ini menuturkan bahwa akibat dampak dari era industrial 4.0 yang awalnya dari sistem konvensional namun telah bermigrasi menjadi serba digital, ini menyebabkan munculnya istilah “Cyber Security.”

“Milenial sekarang ini bermain dengan gadget, bermain dengan media sosial. Apapun di posting mulai dari curhatan, aktivitas sehari-hari hingga informasi pribadi. Ini dapat menjadi celah terjadinya cyber crime,” ungkap Beliau.

Beliau juga menegaskan bahwa cyber crime bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Perlu kehati-hatian saat memposting sesuatu di media sosial, memilah-milah lagi apa saja yang perlu dan apa saja yang tidak perlu dibagikan di media sosial.

IMG_5161
Kuliah Umum “Cyber Security”

Karena maraknya kejahatan dunia maya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan apabila kamu mengalami cyber crime seperti melaporkan ke media sosial bersangkutan, melaporkan ke kepolisian yang menangani kejahatan cyber atau membuat laporan melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pada kuliah umum kali ini Beliau juga banyak menyinggung prospek pekerjaan di bidang cyber security ini sangatlah luas. Mulai dari memproses sebelum terjadi, saat kejadian, hingga mengatasi setelah terjadi kejahatan cyber crime itu ada profesinya masing-masing contoh seperti Cyber Security Analyst.

Untuk anak-anak muda yang belajar di rumpun komputer diharapkan bisa menyadari pentingnya masalah keamanan ini, termasuk data pribadi terlebih dahulu, baru setelah itu masuk ke data-data orang lain atau di tempat kita bekerja nantinya.

Dalam kuliah umum ini, Emmy Setyaningsih sangat mengapresiasi antusiasme Civitas Akademika STIKI Indonesia, Beliau juga menuturkan harapan kedepannya untuk STIKI Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan berbasis IT. Cyber Security ini adalah satu bidang yang memiliki peranan penting, STIKI Indonesia sebagai kampus IT di Bali bisa mengembangkan bidang ini kedepannya melalui mata kuliah di program Studi Sistem Komputer ataupun pengembangkan program studi baru yang berfokus pada Cyber Security.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA

Telusuri Artikel Lainnya